Jelajah Kediri

Keindahan Waduk Siman di Lereng Kelud Jadi Berkah Bagi Pemilik Warung Sekitarnya

Waduk Siman adalah waduk yang dibuat setelah gunung Kelud di Kabupaten Kediri mengalami erupsi beberapa waktu lalu.

surabaya.tribunnews.com/farid mukarrom
Waduk Siman di Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri 

SURYATRAVEL, KEDIRI - Waduk Siman adalah waduk yang dibuat setelah gunung Kelud di Kabupaten Kediri mengalami erupsi beberapa waktu lalu. 

Pemilik Warung di sekitar Wisata Waduk Siman di Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, mengaku sejak pandemi Covid-19 dapat meraup keuntungan yang besar. Pasalnya waduk Siman memiliki daya tarik wisata dengan keindahan perbukitan dan lereng gunung Kelud.

Yuli Astuti salah seorang pemilik warung di kawasan wisata waduk Siman mengaku sejak pandemi Covid-19 usahanya justru semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan khususnya lokal Kabupaten Kediri.

Yuli mengaku dalam satu bulan bisa mendapatkan penghasilan bersih antara Rp 3 juta sampai Rp 4 juta.

"Biasanya per hari antara 100 - 150 ribu, kalau 1 bulan bisa dihitung kira-kira 3 sampai 4 juta. Karena di sini (Waduk Siman) satu-satunya tempat yang masih diizinkan beroperasi saat pandemi covid 19 namun dengan protokol kesehatan yang ketat," ucapnya.

Yuli sudah memulai usahanya sejak 5 tahun yang lalu dengan berjualan aneka minuman, gorengan dan Mie Instan.

"Kalau saya saya termasuk orang baru di sini, tepatnya pasca gunung Kelud meletus dan tempat ini kemudian dikeruk kembali oleh pemerintah provinsi supaya menjadi waduk," katanya.

Kawasan wisata Waduk Siman dalam tiga bulan terakhir ini sering didatangi wisatawan dari luar Kabupaten Kediri. Hal ini tidak terlepas dari salah satu seorang artis asal Kediri yang melakukan proses syuting video klip dan menjadi viral.

"Kemarin gara-gara ada Mbak Happy Asmara yang Syuting Film di tempat ini. Akhirnya banyak orang yang penasaran dengan Waduk Siman," ujarnya.

Masih kata Yuli, untuk datang ke tempat wisata Waduk Siman sementara ini tidak dikenakan biaya atau gratis. Karena lokasi ini bukan menjadi tempat wisata resmi oleh pemerintah Kabupaten Kediri.

"Informasinya tempat ini milik pemerintah provinsi sebetulnya memang bukan untuk wisata. Namun karena kebijaksanaan dari pemerintah provinsi sehingga kami diperbolehkan untuk berjualan di area Waduk Siman. Selain itu tempat ini juga sering mendapat pengawasan ketat dari Babinsa dan Polsek Kepung terkait protokol kesehatan," tutupnya

Ikuti kami di
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved