Ambisi Warga Kebonsari Surabaya Mengubah Sungai Mereka Jadi Tempat Wisata

Warga RW 2 Kebonsari, Surabaya, punya ambisi mengubah sungai mereka yang kotor menjadi jujugan wisata. Seperti ini ikhtiar mereka.

surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Warga RW 2 Kelurahan Kebonsari, Surabaya memaksimalkan potensi dengan membuat perahu sebagai bagian dari Kampung Wisata Kali Kebonsari. 

SURYATRAVEL, SURABAYA - Bantaran sungai di wilayah Surabaya kerap dijadikan tempat pembuangan sampah. Sehingga predikat kumuh kerap melekat pada kampung yang berada di bantaran sungai.

Melihat kondisi ini, warga kampung RW 2 Kebonsari yang berada di wilayah bantaran sungai berupaya membersihkan kampungnya hingga layak dijadikan tujuan wisata.

Puji Astutik, Fasilitator lingkungan mengungkapkan, karena kemauan bersama mengubah kampung menjadi tujuan wisata, warga bergotong royong membenahi wilayah bantaran hingga bersih dari sampah.

"Kami dibantu CSR Pertamina untuk pasang paving hingga pemagaran sepanjang bantaran sungai. Saat sudah layak, bersih, kampung ini kami jadikan Kampung Wisata Kali Kebonsari,"urainya.

Setelah membersihkan sungai, secara swadaya warga membuat kapal ponton sebagai wahana wisata di kampung. Tiga jenis kapal ponton digunakan untuk mengantarkan pengunjung kampung melihat perkampungan di sepanjang bantaran sungai di Pagesangan hingga Jambangan.

"Sekali naik 10 ribu Rupiah, kami punya tiga ponton, ada satu yang khusus disewakan untuk keluarga satu kali jalan 50 ribu. Dan ada dua lagi disewakan per orang dengan kapasitas 6 orang. Rutenya keliling Pagesangan dan Jambangan,"urainya.

Ke depan berbagai fasilitas tambahan akan dibangun agar menarik wisatawan menikmati bantaran sungai di Kebonsari ini. Mulai dari menambah spot foto hingga memperbaiki dermaga dan pagar sepanjang bantaran agar lebih aman.

Fasilitator Lingkungan Pertamina, Risnani Puji Rahayu mengungkapkan kampung Kebonsari menjadi salah satu wilayah Program Geblak (Gerakan Balik Kanan) yang dicanangkan oleh pemerintah Kecamatan Jambangan. Untuk itu berbagai bantuan Pertamina disalurkan agar warga bisa meningkatkan keasrian lingkungannya.

"Kami menanamkan kesadaran kepada masyarakat untuk menata kawasan bantaran sungai dan bersama-sama merapikan sehingga lebih asri, indah dan layak ,"urainya.

Di tiap kelurahan, terdapat ikon yang berbeda yang menjadi daya tarik kampung, dan di Kebonsari ikonnya yaitu wisata sungai.

Rencananya saat semua kampung sudah siap untuk wisata maka akan diadakan bazar keliling. Sehingga saat ini konsentrasi fasilitator lingkungan yaitu menggerakkan semua kader di kampung.

"Kami berbenah dulu untuk memaksimalkn kampung wisata,"pungkasnya.(Sulvi Sofiana) 

Ikuti kami di
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved