Sterilisasi Berlapis, Hotel Santika Pandegiling Gunakan Uap untuk Bersihkan Kamar Inbox Forums

Hotel Santika Pandegiling Surabaya menggunakan mesin uap untuk melakukan sterilisasi kamar hotel agar terhindar dari virus

surabaya.tribunnews.com/habibur rohman
Hotel Santika Pandegiling Surabaya melakukan sterilisasi kamar sebelum terisi tamu. Pihak hotel kini juga menyediakan masker standard sekaligus menyediakan aneka kebutuhan tamu dalam kondisi terkemas, diantaranya handuk 

SURYATRAVEL, SURABAYA - Randi bergerak dari satu kamar ke kamar lain. Dalam balutan alat pelindung diri (APD) seperti sarung tangan, masker, face shield, dan survival glove, personel House Keeping Hotel Santika Pandegiling Surabaya ini tengah menjalankan tugas mensterilkan kamar tamu.

Selesai menyemprot berbagai sudut kamar mulai dari meja, cermin, sampai perabotan lainnya menggunakan cairan disinfektan, Randi mulai mengoperasikan alat pembersih ruang dan udara.

Tidak lama, mulai tercium aroma yang harum. Rupanya, mesin ini tengah beroperasi dengan cara mengeluarkan uap.

"Selain pembersihan biasa, kami menggunakan mesin uap ini. Kalau dibandingkan penyemprotan biasa, ini skalanya lebih luas," ungkap Sales Executive dan Marketing Communication Hotel Santika Pandegiling, Ersa Desi Elysewadi.

Untuk sekali pembersihan, biasanya dibutuhkan waktu selama 15 sampai 20 menit. Uap akan menyebar ke seluruh penjuru ruangan.

"Jadi ini sebagai sterilisasi ganda. Kalau pakai yang semprot saja mungkin tidak rata ke seluruh ruangan ya, sementara mesin uap ini bisa. Waktunya juga singkat," terang Ersa.

Alat ini menggunakan cairan disinfektan khusus yang aman sehingga tidak akan mengganggu kesehatan. Selain itu kandungannya juga tidak merusak furnitur yang ada di kamar.

"Kalau satu tutup (cairan disinfektan), biasanya bisa untuk enam belas kamar. Cairan disinfektan ini dicampur dengan air biasa," kata Randi.

Selanjutnya mesin dioperasikan dengan menggunakan energi listrik. Mesin portabel ini juga dilengkapi roda sehingga gampang dimobilisasi.

"Cara pengoperasiannya juga mudah. Perawatan khususnya tinggal dibersihkan dengan cara dilap sampai bersih," ungkapnya.

Hotel Santika Pandegiling mulai menggunakan alat ini sejak pertengahan Juni. Sebelumya, pihak hotel hanya menyemprotkan disinfektan biasa.

"Biar lebih steril lagi kami pakai mesin uap, jadi sebagai pelengkap," imbuhnya.

Menurut pantauan Surya, Hotel Santika Pandegiling telah menerapkan protokol pencegahan covid-19.

Seperti menyediakan wastafel sebelum masuk hotel, mengecek suhu tamu, dan menyediakan hand gloves serta masker di meja resepsionis.

Sejumlah hand sanitizer juga diletakkan di berbagai titik. Perlengkapan di kamar tamu seperti handuk dan keset juga dilapisi plastik. Sedangkan untuk gelas di kamar, menggunakan yang sekali pakai.(Christine Ayu)

Ikuti kami di
Editor: eben haezer
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved