Jelajah Jember

Wisata Puncak Badean di Jember Diresmikan, Protokol Kesehatan Harus Diterapkan Secara Ketat

Wisata Puncak Badean adalah lokasi wisata di Desa Badean Kecamatan Bangsalsari, Jember. Tempat ini berjarak sekitar 25 Km dari pusat Kota Jember

ist
Peresemian wisata Puncak Badean di Kabupaten Jember. 

SURYATRAVEL, JEMBER - Plt Bupati Jember, Abdul Muqit Arief, meresmikan wisata Puncak Badean di Desa Badean, Bangsalsari, kabupaten Jember, Rabu (14/10/2020). 

Peresmian itu digelar melalui program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bertajuk Indonesia BISA (Bersih, Indah, Sehat, dan Aman).

Pria yang akrab dipanggil Kiai Muqit itu mengatakan, sektor pariwisata Kabupaten Jember harus dibangkitkan untuk menggerakkan roda perekonomian daerah. Namun karena saat ini pandemi Covid-19 masih melanda, protokol kesehatan di tempat wisata harus diperhatikan.

"Memang sulit, tetapi langkah-langkah untuk menggerakkan sektor pariwisata harus dilakukan. Dan tentunya, karena saat ini masih pandemi, protokol kesehatan harus dipatuhi secara disiplin," ujar Kiai Muqit.

Dia menambahkan, sumber daya manusia yang mumpuni di suatu desa akan mampu mewujudkan kebijakannya, melalui terobosan besar. Hal itu terbukti dengan keberadaan wisata Puncak Badean yang digagas oleh kepala desa setempat.

Karenanya, Kiai Muqit mengapresiasi tempat wisata yang baru dikenalkan beberapa bulan terakhir tersebut. Kiai Muqit berharap, program BISA dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi pariwisata di Kabupaten Jember.

Sejumlah tokoh hadir dalam kegiatan itu, di antaranya Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hasan Abud, dan Anggota DPR RI Muhammad Nur Purnamasidi.

Hasan Abud menyebutkan, para pedagang, pelaku seni pertunjukan, seni musik, dan pusat belanja oleh-oleh akan mengungkit kemajuan wisata. Terlebih akan menopang pendapatan ekonomi masyarakat sekitar. Bahkan menopang pendapatan asli daerah (PAD).

“Nanti kalau sudah maju, juga akan dibangun homestay,” ujarnya.

Wisata Puncak Badean adalah lokasi wisata yang terletak  di Desa Badean Kecamatan Bangsalsari, Jember. Tempat ini berjarak sekitar 25 Km dari pusat Kota Jember. Wisata alam itu baru ditata beberapa bulan terakhir. Warganet sudah mengenalkan tempat wisata itu empat bulan terakhir, meskipun baru diresmikan, Rabu (14/10/2020).

Wisata Puncak Badean mengandalkan keindahan pemandangan alam, juga kesegaran air sungainya. Pengunjung bisa bermain air sungai, berenang, maupun bermain tubbing. Pengelola juga membuat air terjun, dengan mengalirkan saluran air yang bersumber dari mata air.

Tempat wisata tersebut dikelola oleh BUMDes setempat. (Sri Wahyunik)

Ikuti kami di
Editor: eben haezer
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved