Jalan-jalan ke Museum 2 Abad Perjalanan Peugeot, Ada 130 Koleksi Mobil Klasik Peugeot

Pabrikan otomotif Peugeot memiliki sebuah museum yang menyimpan koleksi kendaraan-kendaran buatan mereka selama hampir 2 abad

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
ist
koleksi mobil klasik di  Museum Perjalanan Peugeot (Musée de l’ Aventure Peugeot) di Prancis 

SURYATRAVEL. SURABAYA – Mendengar museum, pikiran akan langsung melayang ke sebuah tempat  yang menyimpan koleksi benda-benda tua bersejarah. 

Demikian pula dengan Museum Perjalanan Peugeot di Sochaux, Prancis.

Museum Perjalanan Peugeot (Musée de l’ Aventure Peugeot) merupakan museum berisikan sejarah perjalanan brand Peugeot dalam menjalani bisnis otomotif.

Museum didirikan salah satu anggota keluarga Peugeot tahun 1988, dekat dengan lokasi industri Peugeot di Sochaux, Prancis.

“Museum ini mewakilkan perkembangan industri otomotif dari masa-masa awal era otomotif hadir di dunia. Dikarenakan Peugeot sudah memproduksi mobil sejak tahun 1891,” ungkap Marketing Communications Astra Peugeot Denise, dalam keterangan persnya, Rabu (21/10).

Tahun 1982, Pierre Peugeot merupakan presiden dari Peugeot Automobile membentuk tim “L’Aventure Peugeot”.

Tim secara objektif mengumpulkan seluruh barang-barang yang merepresentasikan Peugeot selama hampir 2 abad. Mobil-mobil klasik menjadi pusat dari koleksinya ditambah berbagai produk yang pernah diproduksi Peugeot.

Akhirnya tahun 1984, salah satu bagian dari situs industri Peugeot diubah menjadi museum yang mengoleksi berbagai harta sejarah Peugeot. Kemudian museum ini dibuka untuk umum pada tahun 1988 dan terus dikembangan hingga kini.

“Museum ini juga memiliki ruangan arsip yang di dalamnya masih lengkap terdapat berbagai ‘blueprint’ dari kendaraan termasuk kendaraan pertama yang diproduksi tahun 1891,” ujar Denise.

Museum memiliki luas sebesar 45.000 m 2 dan dibuka untuk umum hanya sebesar 10.000m 2 . Pada area terbuka untuk umum tersebut terpajang 130 unit mobil klasik Peugeot, dimana sejatinya mereka memiliki lebih dari 450 unit mobil koleksi.

Tidak hanya itu, 130 sepeda dan sepeda motor juga turut dipajang dari total koleksi lebih dari 300 unit. Untuk ruangan pengarsipan seluruh sejarah dan dokumen Peugeot sendiri terbentang sebesar 5 kilometerpersegi.

Museum ini menjadi catatan sejarah kehadiran dan peran Peugeot pada perkembangan era industri otomotif dari masa ke masa.

Jadi, jika sedang  travelling ke Prancis, jangan sampai melewatkan kunjungan ke museum Musée de l’ Aventure Peugeot di Sochaux. (wiwit purwanto)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved