Kuliner Surabaya

Mencicipi Sukamen, Ramen Otentik Khas Jepang yang Baru Dibuka di Surabaya

Sukamen, resto yang menjual mie ramen baru buka di Surabaya. Resto ini ingin memperkenalkan mie ramen rasa otentik

Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/akira tandika
Black Garlick Ramen yang ditawarkan Sukamen yang baru buka di Surabaya 

SURYATRAVEL, SURABAYA - Ramen atau mie khas Jepang makin populer di kalangan masyarakat. Dua hal yang memungkinkan makanan ini bisa diterima adalah, pertama karena rasanya bisa diterima, kedua karena rasanya telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Sejumlah resto dan kafe yang menjual mie ramen pun bermunculan. Salah satunya Sukamen. Baru buka di Surabaya, Sukamen membawa misi ramen dengan rasa otentik khas Jepang.

"Maksudnya adalah, kami betul-betul belajar mengenai ramen dan budayanya langsung ke Jepang. Saat kembali ke Indonesia, ada beberapa hal yang masih kami jaga keasliannya seperti ramen di Jepang," ujar Co-Founder Sukamen, Hana Natalia.

Salah satu ciri khas ramen Jepang yang masih dijaga oleh Sukamen adalah daging chasu. Biasanya, daging chasu digunakan sebagai pelengkap dalam sajian ramen Jepang.

Hana melanjutkan, sebetulnya seluruh komposisi Sukamen ramen masih bisa dibilang otentik. Karena dalam proses pembuatannya mulai dari mie, kaldu, hingga topping, masih sama persis seperti ramen khas Jepang.

"Tapi ada beberapa bumbu yang memang sangaja kami sesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia agar lebih bisa diterima," tambahnya.

Dalam satu porsi Sukamen Ramen, terdapat mie, kuah berbumbu yang berasal dari kaldu ayam atau daging, daun bawang, daging chasu, bawang goreng, nori (rumput laut kering), wijen, telur, dan topping lainnya sesuai dengan selera.

"Kaldu itu juga jadi salah satu kunci ramen enak. Di Sukamen, kaldu dimasak dengan bahan-bahan khusus. Sehingga rasanya khas dan kental," terang Hana.

Sukamen menghadirkan mie khas Jepang dengan lima variasi rasa yakni, original ramen, hot&spicy ramen, kimchi ramen, curry ramen, dan black garlick ramen.

Dengan komposisi yang lengkap, Sukamen membanderol ramen mereka dari Rp 20 ribu hingga Rp 35 ribu.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved