Empat Spot ini Wajib Dikunjungi Saat Plesir Long Weekend ke Gunung Bromo

Long weekend nanti pada akhir bulan, wisata Gunung Bromo ini bisa menjadi tempat berlibur. Berikut 4 rekomendasi spot favorit di Gunung Bromo

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
surya online
Wisatawan berkunjung ke Gunung Bromo 

SURYATRAVEL, SURABAYA – Setelah beberapa bulan ditutup karena pandemi Covid-19, gunung Bromo kembali dibuka untuk wisatawan. 

Long weekend nanti pada akhir bulan, wisata Gunung Bromo ini bisa menjadi tempat berlibur.

Buat kamu yang berencana plesir ke Gunung Bromo, ada empat spot yang wajib dikunjungi saat di sana. Apa saja? berikkut daftarnya:

Spot Pananjakan

Kawasan ini paling favorit dan utama dari Gunung Bromo yaitu puncak Pananjakan.

Spot ini merupakan puncak tertinggi untuk bisa melihat matahari terbit atau sunrise ke arah Kaldera Tengger.

Lokasi di spot ini begitu dingin, oleh karena itu kamu sudah harus siap dengan perlengkapan pelindungi diri dari dingin seperti syal, kupluk, dan sarung tangan.

Jika belum membawa, kamu bisa membelinya di penjaja atau warung-warung yang menjual perlengkapan anti dingin itu.

Terdapat fasilitas di Puncak Pananjakan seperti mushala, toilet dan warung-warung penjaja makanan serta perlengkapan anti dingin. Lokasi puncak ini berupa tribun 10 tingkat yang berbentuk setengah lingkaran menghadap ke timur.

Selama era pandemi, kuota pengunjung di spot Pananjakan dibatasi hanya 178 orang per harinya

Spot Bukit Cinta

Spot lain untuk menikmati matahari terbit di Bromo adalah Bukit Cinta. Sama-sama terletak di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Bukit Cinta memiliki ketinggian 2.680 mdpl.

Lokasi ini sudah populer di telinga wisatawan. Jika baru pertama ke sini, kamu akan menemukan tembok besar bertuliskan "Love Hill Bromo Tengger".

Tempat itu biasa dijadikan spot foto pertama ketika tiba di Bukit Cinta. Wisatawan sudah bisa melihat Kaldera Tengger, di antaranya Gunung Bromo, Gunung Kursi, Watangan, dan Gunung Widodaren.

Spot Bukit Cinta juga bisa terlihat puncak tertinggi pulau Jawa yaitu puncak Mahameru. Tempat ini juga biasa digelar upacara adat masyarakat Suku Tengger. Selama masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), kuota pengunjung dibatasi 28 orang per harinya

Spot Bukit King Kong

Kawasan Bukit Kedaluh atau biasa juga dikenal Bukit Kingkong. Spot ini dinamakan Bukit Kingkong karena bentuk bukit yang jika diperhatikan kembali, mirip seperti wajah Kingkong.

Lokasi Bukit Kedaluh atau Kingkong ini berada 1 bukit di bawah Puncak Pananjakan. Jaraknya sekitar 800 meter sampai 1 kilometer untuk sampai ke puncak Pananjakan.

Wisatawan harus menanjak 100-200 meter untuk dapat menuju Bukit Kingkong dan melihat sunrise dan pemandangan Gunung Bromo dengan jelas.

Bukit ini juga menjadi titik paling ramai antrian Jeep sebelum sampai puncak Pananjakan. Terdapat papan informasi yang menjelaskan arti dari Bukit Kedaluh. Masyarakat Tengger menyebut bukit Kedaluh berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti pengharapan akan kesuburan wilayah Tengger.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved