Pj Bupati Sidoarjo Ingin Wisata Religi Makam Dewi Sekardadu Dikembangkan

Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono berusaha mendorong pengembangan wisata di Sidoarjo. Termasuk wisata religi Makam Dewi Sekardadu di Buduran.

surabaya.tribunnews.com/m taufik
Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono saat berkunjung ke Makam Dewi Sekardadu di Sawohan, Buduran, Sidoarjo 

SURYATRAVEL, SIDOARJO - Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono berusaha mendorong pengembangan wisata di Sidoarjo. Termasuk wisata religi Makam Dewi Sekardadu yang berada di Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Sidoarjo.

Cak Hud, panggilan Hudiyono, sudah berkunjung ke sana. Dia melihat langsung suasana alam yang bagus di sekitar makam. Hamparan tambak dan pepohonan hijau menambah keindahan kawasan religi itu.

"Potensi wisata religi dan wisata air di sini cukup bagus, namun masih kurang tergarap dengan baik. Sehingga perlu didorong agar lebih maksimal," kata Cak Hud saat berbincang dengan Surya, Jumat (23/10/2020).

Dia melihat, dermaga di sana masih perlu diperbaiki. Agar lebih layak dan memudahkan wisatawan berkunjung. Karena transportasi perahu melewati sungai menuju area makam itu juga merupakan daya tarik tersendiri.

"Pemandangan di kanan kiri sungai juga masih bagus dan alami. Banyak burung dan sejumlah satwa lain. Bahkan kera juga terlihat masih banyak berkeliaran liar di kanan kiri sungai. Artinya, alam masih asri," urainya.

Saat berkunjung ke makam ibunda Sunan Giri tersebut, Cak Hud sempat tahlinan bersama beberapa pejabatnya. Dia juga berbincang dengan juru kunci dan beberapa pengelola di sana.

Diceritakan, setiap hari libur, terutama hari Minggu dan libur hari besar, makam ini selalu ramai dikunjungi para peziarah. Selain itu, setiap tahun juga kawasan ini menjadi nelayan kupang Desa Balongdowo, Kecamatan Candi saat melakukan ritual Nyadran.

Ratusan bahkan ribuan peziarah datang pada waktu masuk bulan maulud nabi Muhammad SAW atau 1 Muharram. "Artinya, potensi daya tarik wisatawan untuk datang ke makam Dewi Sekadadu ini cukup tinggi. Jadi perlu adanya sentuhan dan konsep yang bagus untuk pengembangannya," urai Hudiyono.

Dalam waktu dekat, Hudiyono meminta agar dermaga segera diperbaiki. Selain itu, pihaknya juga bersiap meninggikan Mushola di kompleks makam karena saat musim hujan kerap kebanjiran.(m taufik)

Ikuti kami di
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved