Merasakan Kedamaian di Hutan Pinus Pelosok Kabupaten Malang

Sebuah tempat tersembunyi nan tenang ada di Desa Sumberputih, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Warga menamainya Hutan Pinus Semeru

surabaya.tribunnews.com/erwin wicaksono
Hutan Pinus Semeru di Kabupaten Malang 

SURYATRAVEL, MALANG - Sebuah tempat tersembunyi nan tenang ada di Desa Sumberputih, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.

Tempat tersebut berupa hamparan luar pepohonan pinus. Warga mempopulerkannya dengan nama Hutan Pinus Semeru (HPS).

Bagi wisatawan yang ingin sejenak menepi dari penatnya suasana perkotaan, HPS bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya suasana hutan pinus begitu hening nan sejuk.

Kicauan burung di dahan-dahan memanjakan telinga pengunjung. Sepoi angin pegunungan yang mengiringi, sungguh menenangkan jiwa.

Ketua Pengelola Wisata HPS, Fathurrozi Zainul Ansori mengatakan, hutan pinus yang kini dibuka untuk wisata itu dulunya hanyalah hamparan pepohonan penuh semak-semak.

Dia menjelaskan, gagasan tempat wisata tercetus oleh pemuda desa bersama mahasiswa KKN dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 2017.

"Berawal dari iseng ada ide buka tempat wisata di Hutan Pinus Semeru ini. Waktu itu kami dibantu anak KKN dari UMM waktu itu," beber Zainul ketika ditemui pada Jumat (23/10/2020).

Ide pembukaan wisata Hutan Pinus Semeru akhirnya terealisasi. Meski KKN Mahasiswa UMM telah usai, pemuda Desa Sumberputih tetap menghidupkan ide itu hingga kini.

"Kami lalu membeli payung dan nyewa hammock. Gunanya agar terlihat bagus di media sosial. Lalu ternyata banyak yang kesini akhirnya ya kami jalankan terus," jelasnya.

Zainul merasa, HPS turut menggerakkan ekonomi warga. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya warung-warung makanan dan minuman yang didirikan warga setempat.

"Kami sebagai masyarakat merasakan dampak positif dengan adanya HPS ini," kata Zainul. (Erwin Wicaksono)

Baca juga: Merasakan Sensasi Tak Biasa Camping di Wisata Lembah Indah Malang

Ikuti kami di
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved