Rumah Masa Kecil Bung Karno di Kediri Menjadi Wisata Edukasi Sejarah

Persada Sukarno, rumah masa kecil Bung Karno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri telah menjadi salah satu lokasi tujuan wisata sejarah

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/didik mashudi
Situs Persada Sukarno di Kediri yang merupakan rumah masa kecil bung Karno. Tempat ini kini menjadi lokasi wisata edukasi sejarah 

SURYATRAVEL, KEDIRI - Persada Sukarno yang menjadi rumah masa kecil Bung Karno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri telah menjadi salah satu lokasi tujuan wisata sejarah.

Setiap hari, terlebih pada hari libur, banyak pengunjung yang datang. Sebelum pandemi Covid 19, jumlah pengunjung bisa mencapai puluhan orang.

"Sejak ada pandemi setiap hari tetap ada saja pengunjung, cuma yang datang hanya 3- 5 orang," jelas Kushartono, Ketua Harian Persada Sukarno, Kamis (29/10/2020).

Malahan tamu yang datang tidak hanya dari sekitar Kediri tapi dari jauh, seperti Surabaya, Mojokerto dan Trenggalek. "Tamunya rata-rata para pengagum sejarah dan pengagum Bung Karno," ungkapnya.

Sementara pada hari liburan seperti ini, biasanya yang banyak tamu dari kelompok komunitas. Salah satunya komunitas sepeda ontel.

Selama pandemi pengunjung diwajibkan mematuhi semua protokol kesehatan seperti wajib memakai masker dan menjaga jarak. Juga disiapkan tempat untuk mencuci tangan.

Para pengunjung yang datang biasanya bertanya tentang sejarah masa kecil Bung Karno selama dititipkan ayahandanya di Desa Pojok. Apalagi sejarah masa kecil Bung Karno memang belum hanyak diketahui secara luas masyarakat.

"Pengunjung banyak yang kagum karena kebanyakan baru mengetahui kalau kehidupan masa kecil Soekarno juga cukup sederhana," paparnya.

Pihak keluarga situs Persada Sukarno sendiri telah menyiapkan petugas yang mendampingi tamu. Sehingga untuk hari-hari biasa telah ada penjaga situs yang bisa menjelaskan secara umum.

Namun untuk tamu yang datang secara rombongan dan telah berkordinasi, ada pengurus dan relawan yang disiapkan sebagai guide.

Sementara tempat favorit yang biasa menjadi jujugan dikunjungi, salah satunya kamar masa kecil Bung Karno waktu masih kecil dan sakit-sakitan.

Selain itu juga kamar yang pernah digunakan Bung Karno setelah menjadi Presiden.

"Di kamar presiden ini rata-rata pengunjung pasti foto. Hanya saja untuk masuk kamar presiden ada aturan dan tata tertibnya. Jadi tidak boleh sembarangan orang bisa masuk," jelasnya.

Yang tidak kalah menariknya, spot yang ada di belakang rumah tempat sungai kecil dengan aliran sungai yang jernih. Di tempat ini Bung Karno kecil biasa mandi dan memandikan kerbau.(didik mashudi)

Baca juga: Menengok Peringatan Sumpah Pemuda di Rumah Masa Kecil Bung Karno

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved