Totalitas Peringatan Maulid Nabi di Pulau Bawean, Warga Semangat Saling Berbagi Bingkisan

Tradisi perayaan maulid nabi Muhammad SAW di pulau Bawean, Kabupaten Gresik digelar secara unik. Warga saling berbagi bingkisan yang dihias cantik

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/willy abraham
Warga pulau Bawean, Gresik, saling bertukar bingkisan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 

SURYATRAVEL, GRESIK - Tradisi perayaan maulid nabi Muhammad SAW di pulau Bawean, Kabupaten Gresik digelar secara unik. 

Warga yang berada di pulau dengan sebutan pulau putri ini melakukan perayaan kelahiran nabi ini dengan totalitas. Semua kekayaan bumi yang ada di pulau tersebut dikeluarkan dalam bentuk berkat atau hadiah yang dimasukkan ke hiasan molot atau Maulid Nabi. Setiap warga berusaha memberikan bingkisan besar-besaran dalam merayakan maulid.

Dengan hiasan bunga yang ada dalam keranjang yang sudah dilengkapi beberapa hidangan makanan dan minuman serta aneka makanan yang bisa dicicipi, serta makanan khas dodol atau Jubede.

Perayaan mulid nabi di pulau yang memiliki dua kecamatan yaitu, lecamatan Tambak dan Sangkapura ini berlangsung serentak kemarin Kamis (28/10) sampai hari ini, Jumat (30/10/2020) mulai pagi sampai sore di Masjid dan musholah di Pulau Bawean.

"Perayaan besar-besaran sebagai momen cinta kepada nabi," ucap Rukiyah, salah satu warga Dusun Naggher, Desa Sukaoneng, Jumat (30/10/2020).

Dalam prosesnya, berkat atau hadiah molot Maulid nabi ada yang ditukar antar warga. Seperti yang ada di Dusun Daun Timur. Warga berlomba menghias hadiah molot semenarik dan sebesar mungkin.

Totalitas yang diberikan warga ini menjadi kebanggan tersendiri. Iftahiyal, warga Dusun Daun tidak merasa keberatan jika uang jutaan rupiah dikeluarkan untuk merayakan maulid nabi.

Sebab, semakin besar hadiah maka semakin bangga. Biasanya, setelah warga menerima hadiah, warga menikmati hasil molot dengan bepergian ke pantai yang berjarak 1 kilometer dari rumah warga.

"Dimakan bersama keluarga di pinggir laut. Ini sudah tradisi warga disini," pungkasnya. (willy abraham)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved