Struktur Batu Bata Diduga Situs Bersejarah Kembali Ditemukan di Singosari

Struktur batu bata menyerupai bentuk bangunan ditemukan di Desa Lang-Lang, Singosari, Kabupaten Malang. Diduga sisa-sisa bangunan kuno

Editor: eben haezer
ist/BPCB Jatim
Sebuah tumpukan batu bata menyerupai bentuk bangunan ditemukan di Desa Lang-Lang, Singosari, Kabupaten Malang, Jumat (6/11/2020). 

SURYATRAVEL, MALANG - Struktur batu bata menyerupai bentuk bangunan ditemukan di Desa Lang-Lang, kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jumat (6/11/2020). Secara kasat mata, ukuran batu bata yang ditemukan begitu besar, tidak seperti batu bata bangunan yang biasa ditemui.

"Saat kami temukan, ukuran batu bata sangat besar melebihi berbagai macam batu bata yang pernah ditemukan yang ada di Malang ini," kata Koordinator Juru Kunci Candi Malang Raya Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, Haryoto pada Jumat (6/11/2020).

Kata Haryoto, tiap satuan tumpukan batu bata tersebut bediameter 40 cm dengan tebal 9 cm. Dia menduga tumpukan batu bata itu merupakan peninggalan kerajaan yang pernah jaya di Jawa Timur.

Namun, Haryoto menerangkan dirinya belum menerangkan secara gamblang usia benda purbakala itu.

"Perkiraannya ini sejak zaman kerajaan Mataram kuno sampai zaman kerjaan Singosari," beber Haryoto.

Penggalian benda purbakala yang baru saja ditemukan itu belum dilakukan secara penuh.

"Kami akan lanjutkan penggalian. Pasalnya, diperkirakan masih ada batu bata lainnya yang masih terpendam," tutur Haryoto.

Haryoto menyadari, di Desa Lang-Lang, Singosari, Kabupaten Malang ini kerap muncul penemuan batu bata peninggalan sejarah.

Guna menyikap keberadaan dan struktur batu bata, Haryoto menjelaskan, penggalian batu bata akan dilakukan pada esok hari.

"Saat penggalian, petugas dari koordinator penemuan Candi Malang yang diterjunkan ada 8 orang," tutup Haryoto. (erwin)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved