Dilintasi Jalur Kereta Kuno, Beginilah Bakal Penampakan Kayutangan Heritage di Masa Depan

Jalur kereta kuno ditemukan melintasi Koridor Kayutangan Heritage yang sedang dibangun. Beginilah bakal penampakan Kayutangan Heritage di masa depan

Editor: eben haezer
ist
Ilustrasi penampakan koridor Kayutangan Heritage di masa depan 

SURYATRAVEL, MALANG - Pekerjaan proyek pembangunan koridor Kayutangan Heritage kini mulai dikerjakan. Sejumlah ruas jalan di kawasan jalan Basuki Rahmat Kota Malang kini mulai dibongkar.

Saat pembongkaran, ditemukan jalur kereta kuno atau jalur trem kuno yang dibangun pada 1903. 

Proyek senilai Rp 23 Miliar bantuan dari pemerintah pusat itu ditargetkan selesai pengerjaan pada 20 Desember 2020 mendatang.

Warjo, Consultants Engginer Prospera, selaku pekerja proyek mengatakan, bahwa awal pembangunan koridor Kayutangan Heritage ialah dengan memperbaiki pedestarian jalan.

Kemudian dilanjutkan dengan pemasangan batu andesit di perempatan PLN dan Rajabali Kota Malang yang masuk dalam zona satu dan zona dua.

"Bantu andesitnya mirip seperti di bundaran patung Chairil Anwar yang masuk ke zona III," ucapnya.

Dia menyampaikan, bahwa proyek dari pusat tersebut dimenangkan oleh kontraktor yang kebetulan merupakan orang Malang.

Oleh karenanya, dalam proses pembangunan Koridor Kayutangan Heritage ini, kata Warjo, pihak kontraktor mengetahui betul bagaimana kondisi Kayutangan di masa lalu.

"Dulu Kayutangan jadi pusat ekonomi. Sejak tahun 2000 sudah tidak berfungsi. Kita akan hidupkan lagi kita tata sekaligus mendukung apa yang sudah ada di Kauman Heritage," ucapnya.

Dalam pemasangan batu andesit tersebut, pihaknya akan menguatkan struktur tanah di bawah permukaan jalan. Yakni dengan memasang beton yang kemudian di cor.

Baru setelah itu, di bagian permukaan akan dipasang batu andesit. Dengan harapan setelah terpasang batuan andesit kondisi tanah bisa stabil.

"Nanti kami juga akan lakukan tes terlebih dahulu. Terutama mengetes tanah yang ada di bawahnya. Kita hitung sesuai kaidahnya agar stabil," ucapnya.

Setelah itu, koridor Kayutangan Heritage akan dipercantik lagi dengan menambahkan sejumlah taman dan ruang khusus bagi kaum difabel.

Dengan harapan, dapat menumbuhkan lagi perekonomian di kawasan pedestrian Kayutangan Heritage.

"Dipercantik lagi dalam artian wajahnya dan fasilitas diperbagus untuk menumbuhkan lagi ekonomi dalam bentuk pedestrian. Seperti menambahkan fasilitas difabel dan taman-taman," tandasnya.(Rifky Edgar)

Baca juga: Sejarah Jalur Kereta Kuno yang Ditemukan di Bawah Aspal Kayutangan Heritage, Dibangun Sejak 1903

Baca juga: Pekerja Proyek Kayutangan Heritage Temukan Jalur Kereta Api Kuno Saat Membongkar Jl Basuki Rahmat

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved