Cerita Traveler

Labuan Bajo, Surga Jatuh di Ujung Barat Pulau Flores

Labuan Bajo kini telah menjadi destinasi favorit para traveler. Ditambah lagi Pemerintah saat ini sedang fokus pada pembangunan Pulau Komodo.

ist/dok.pribadi
Nadia Putri Pasca saat berlibur ke Labuan Bajo. 

SURYATRAVEL, NTT - Di tengah pandemi dan resesi ekonomi saat ini, ada baiknya kita memberikan ruang untuk diri sendiri memperhatikan kesehatan mental dan sejenak menikmati indahnya surga yang jatuh di ujung barat Pulau Flores, Labuan Bajo.

Kota ini terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Manggarai Barat, Kecamatan Komodo. Labuan sendiri berarti berlabuh dan Bajo artinya Suku Bajo yang berasal dari Sulawesi karna puluhan tahun lalu Suku Bajo mulai bermukim di pesisir barat Flores ini.

Labuan Bajo kini telah menjadi destinasi favorit para traveler. Ditambah lagi Pemerintah saat ini sedang fokus pada pembangunan Pulau Komodo yang terlihat dari banyaknya proyek yang saat ini sedang berjalan. Bahkan banyak penerbangan yang direct ke Labuan Bajo seperti dari Jakarta, Surabaya, dan Bali.

Jika ingin merasakan perjalanan darat ke Labuan Bajo dari Jawa pun sangat memungkinkan hanya saja harus menyebrang melalui Bali, Lombok, Sumbawa, lalu Flores.

Ada banyak sekali Pulau indah yang bisa kita jelajahi disini. Antara lain Pulau Komodo yang menjadi ikon Labuan Bajo sendiri bahkan Bandara Udara disana didesign dan dinamakan Bandara Udara Komodo dan bentuknya pun memanjang menyerupai komodo.

Lalu ada Pulau Rinca yang kaya akan hewan purba. Sayangnya saat ini sedang ditutup hingga Juni 2021.

Kemudian ada Pulau Padar yang menjadi spot terbaik untuk Photoshoot, Pulau Wae Rebo yang terkenal dengan penduduk suku asli Manggarai dan kita bisa berkesempatan untuk bermalam di salah satu rumah tersebut.

Juga ada Pantai Pink yang pasir dan air tepi pantainya berwarna merah muda, Pulau Kelor yang sangat cocok untuk snorkeling, Pulau Gili Laba yang cocok untuk menikmati sunset dan mensyukuri segala berkah dalam hidup.

Serta sederet nama lain yang tak kalah cantik seperti Pulau Kanawa, Danau Kelimutu, Pulau Taka Makassar yang hanya ada disaat air sedang surut, Pulau Manta bagi yang ingin diving bersama manta atau ikan pari raksasa dan yang terakhir adalah Liang Bua dimana pertama kalinya ditemukan fossil dari manusia hobbit.

Sebenarnya masih banyak tujuan wisata lainnya yang belum saya tuliskan. Setiap pulau memiliki daya tarik dan keunikannya sendiri, favorite para traveller adalah Pulau Rinca, Pulau Padar, dan Pulau Komodo.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved