Simak, ini Jadwal Libur dan Cuti Bersama Desember 2020

Akhir tahun 2020 semakin dekat. Meski di tengah pandemi, namun tak ada salahnya mulai menyimak jadwal Libur dan Cuti Bersama Desember 2020

surabaya.tribunnews.com/willy abraham
Suasana di pantai Dalegan Gresik yang tetap dibanjiri pengunjung di masa pandemi covid-19 

SURYATRAVEL, SURABAYA - Akhir tahun 2020 semakin dekat. Meski di tengah pandemi, namun tak ada salahnya mulai menyimak jadwal Libur dan Cuti Bersama Desember 2020 agar dapat lebih matang mempersiapkan agenda liburan, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Memang, akhir tahun ini ada jadwal cuti bersama yang cukup panjang.

Di sisi lain, sejumlah destinasi wisata di Indonesia sudah kembali beroperasi dan dapat dikunjungi meski dengan protokol kesehatan ketat. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut jadwal libur akhir tahun 2020 seperti dirangkum Kompas.com, ( Suryatravel grup) , Selasa (24/11/2020).

  • Hari Libur Nasional Hari Raya Natal : 25 Desember 2020.
  • Tahun Baru : 1 Januari 2021
  • Cuti bersama : 24 Desember 2020, dilanjutkan 28-31 Desember 2020.

Untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), dan pegawai swasta dapat memanfaatkan cuti jadwal cuti bersama yang cukup panjang lantaran cuti bersama Idul Fitri 1441 Hijriah digeser ke akhir tahun 2020.

Penggeseran jatah cuti bersama berdasarkan kebijakan dalam Keputusan Presiden tentang Cuti Bersama Pegawai ASN Tahun 2020 yang diteken Presiden Joko Widodo pada 18 Agustus. 

Namun baru-baru ini, Presiden Joko Widodo meminta jatah libur akhir tahun dan pengganti cuti Idul Fitri pada Desember dikurangi.

Permintaan dilakukan guna mencegah masyarakat berbondong-bondong pergi liburan yang menyebabkan lonjakan kasus Covid - 19.

Instruksi tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy seusai rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

"Yang berkaitan dengan masalah libur, cuti bersama akhir tahun termasuk libur pengganti cuti bersama Hari Raya Idul Firti, Bapak Presiden memberikan arahan supaya ada pengurangan," katanya.

Kendati demikian, saat ini instruksi tersebut masih dalam tahap pembahasan antara Menko PMK, serta para menteri dan kepala lembaga negara terkait dalam sebuah rapat koordinasi.

Alhasil, pengurangan libur akhir tahun dan pengganti cuti Idul Fitri masih belum ada keputusan pasti apakah akan dilakukan atau tidak. (Wiwit Purwanto)

Baca juga: Road to Festival Diskon Nasional, Apotek Kimia Farma Tawarkan Diskon Hingga 70 Persen

Baca juga: Jadwal Penerbangan Lion Air Tujuan Surabaya-Ternate (PP) yang Baru Dibuka 23 November 2020

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved