Pasca Pandemi, Wisata Alam Bakal Jadi Primadona

Destinasi wisata alam diyakini akan menajdi primadoni pasca covid-19. Para wisatawan domestik pun akan menjadi sasaran utama.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/aflahul abidin
Pantai Kebo di Desa Ngulungwetan, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek. 

SURYATRAVEL, SURABAYA - Destinasi wisata alam diyakini akan menajdi primadoni pasca covid-19. Hal itu disampaikan oleh Direktur Kajian Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Wawan Rusiawan.

“ Tempat wisata alam lebih populer. Kemenparekraf tentu saja harus memberi fokus yang lebih dominan untuk membenahi destinasi wisata alam karena itu akan jadi primadona pasca Covid-19,” katanya, dalam  webinar Kemenparekraf bertajuk “Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2020”, Selasa (24/11/2020).

Menurutnya selama periode pasca Covid-19, wisatawan nusantara (wisnus) akan menjadi target utama pasar pariwisata lantaran wisatawan mancanegara (wisman) dirasa tidak akan langsung melakukan perjalanan internasional.

Kemudian, wisnus yang lebih bersemangat untuk bepergian adalah wisnus berusia muda dari kalangan menengah ke atas. Meski begitu, mereka tetap merasa khawatir akan penanganan Covid-19 di Indonesia.

“Konsumen juga memerlukan pengalaman wisata baru. Mungkin ada semacam pilihan baru dari sisi untuk berlibur, seperti staycation dan segala macam,”lanjutnya .

Sementara pada kesempatan yang sama, liburan dengan kendaraan pribadi kata Head of Strategic PartnershipTraveloka Accommodation, Louis Alfonso K masyarakat cenderung lebih memilih untuk berlibur menggunakan kendaraan pribadi.

Adapun, tren yang sudah terjadi selama era new normal ini muncul karena menurut Louis, masyarakat lebih memilih untuk liburan ke kota-kota yang dapat dicapai dengan mudah.

 “Konsumen memilih untuk bepergian dengan kendaraan pribadi. Makanya kota-kota di Jawa mudah dicapai terutama dengan adanya pembangunan jalan tol yang menghubungkan Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah dengan baik,” tandasnya.

Baca juga: 782 Daya Tarik Wisata Jatim Buka Kembali, Kunjungan Wisatawan Capai 4,6 Juta

Baca juga: Jadwal Film Spesial Malam Mencekam di Bioskop Drive-in Senja Surabaya Pekan ini

Baca juga: Simak, ini Jadwal Libur dan Cuti Bersama Desember 2020

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved