Jejak Majapahit di Candi-candi yang Tersebar di Sidoarjo

Di kabupaten terdapat sejumlah candi yang menarik untuk dikunjungi. Berikut rekomendasi 4 candi peninggalan kerajaan Majapait yang masih ada di sana

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
ist
Candi Sumur di Sidoarjo 

SURYATRAVEL, SIDOARJO - Di Kabupaten Sidoarjo terdapat sejumlah candi peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Hingga kini bangunan candi itu masih terawat tapi sebagian ada yang tidak terawat.

Dari sekian banyak candi yang ada, berikut adalah 4 candi yang masih terlihat bentuknya secara utuh dan masih sering dikunjungi wisatawan.

Candi Pari

Candi Pari di Porong, Sidoarjo
Candi Pari di Porong, Sidoarjo (ist/wikipedia-Gunawan kartapranata)

Candi Pari adalah candi yang terletak di Kecamatan Porong,  sekitar 2 km ke arah barat laut dari pusat Lumpur Lapindo. Tepatnya terletak di Desa Candi Pari, kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo.

Candi ini merupakan candi dengan bangunan persegi dari batu bata, yang menghadap ke barat dengan ambang batas dan gerbang dibuat oleh batu alam andesit.

Dulunya, di atas gerbang candi terdapat batu dengan angka tahun 1293 Saka atau 1371 Masehi. Candi Pari adalah candi peninggalan Majapahit pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk di tahun 1350-1389.

Namun pada kenyataannya, candi ini dibangun sekitar tahun 1371. Dengan melihat rupa candi, bisa didapati gambaran tentang bagaimana kompleksitas masalah ekonomi, aspek politik, budaya, dan sosial pada waktu itu.

Gaya arsitektur candi Pari dipengaruhi oleh budaya Campa, atau Vietnam sekarang, terutama candi di Mison. Pengaruh ini terlihat pada bangunan dan ornamennya, namun Candi Pari masih menunjukkan karakter Indonesia.

Menurut sejarahnya, candi ini dibangun untuk menghormati hilangnya Joko Pandelegan.

Candi Pari memiliki latar belakang agama Hindu. Candi Pari dibangun menghadap ke barat dengan panjang 13,55 m, lebar 13,40 m, tinggi 13,80 m, dan terbuat dari batu bata, sementara ruang atas dan bawah dari pintu masuk candi menggunakan agregat.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved