Jejak Langkah Pendakian Semeru, Mengenang Kematian Soe Hok Gie Hingga Predikat 7 Summits Indonesia

Gunung Semeru di Jawa Timur menawarkan eksotika dan cerita bagi setiap yang mendakinya. Inilah secuil kisah dari perjalanan 2012 silam

surabaya.tribunnews.com/eko darmoko
Para pendaki berpose di Puncak Gunung Semeru, Mahameru, pada pendakian 2012 silam. 

SURYATRAVEL, SURABAYA - Desember 2020 masih memerah, usianya masih seujung kuku ketika Gunung Semeru meletus, Selasa (1/12/2020).

Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini mengagetkan lelap warga di sekitaran kaki gunung, khususnya warga Lumajang, ketika pagi sedang ranum-ranumnya.

Imbas dari aktivitas gunung setinggi 3676 mdpl yang makin meningkat ini, selain pemerintah setempat melakukan upaya evakuasi terhadap warga terdampak, pun geliat pendakian harus dihentikan.

Sejak berabad-abad yang lalu, Gunung Semeru sudah menjadi primadona bagi kaum pendaki yang ingin menjejakkan kaki di puncak tertinggi Pulau Jawa itu. Sejarah mencatat, pendakian pertama Gunung Semeru terjadi pada abad ke-19, tetapnya pada tahun 1838.

Dirangkum Harian Surya dari riwayat mainstream, sepanjang yang dicatat oleh sejarah; Clignet dan Winny Brigita adalah orang pertama yang melakukan ekspedisi pendakian ke Gunung Semeru. Mereka adalah ahli geologi berkebangsaan Belanda yang melakukan pendakian dari jalur barat daya lewat Widodaren.

Bermula dari pendakian tahun 1838 inilah, pendakian ke Gunung Semeru terus berlanjut. Tahun 1911, Van Gogh dan Heim mendaki Semeru lewat lereng utara, kemudian tahun 1945 seorang ahli Botani, Junhunn, asal Belanda mendaki melalui jalur Ayak-ayak. Selanjutnya, pendakian umumnya dilakukan melalui jalur yang dianggap paling aman, yakni di Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Harian Surya beruntung pernah mendaki Gunung Semeru hingga puncak tertinggi Mahameru. Pendakian ini dilakukan Harian Surya pada dua kesempatan, yakni pada 2010 dan 2012, melalui jalur Ranu Pani.

Sejauh yang dikenang Harian Surya, beginilah alur rute pendakian Gunung Semeru:

Tumpang

Pendaki yang ingin mendaki Gunung Semeru, pasti singgah di Tumpang, Kabupaten Malang. Dari Tumpang, mereka melanjutkan perjalanan ke Pos Perizinan Ranu Pani, bisa menggunakan truk sayur atau menyewa jeep yang dikelola oleh warga Tumpang.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved