Bus Baru Nuansa Eropa Dengan Desain Unik Ternyata Dibuat Karoseri di Bandung

Bus baru bergaya Eropa menjadi bahan perbincangan setelah diunggah fotonya di Instagram. Bus ini ternyata dibuat oleh perusahaan karoseri asal Bandung

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
ist
Bus baru Stadabus Coach Enterprise 

SURYATRAVEL, SURABAYA - Bus baru bergaya Eropa menjadi bahan perbincangan setelah diunggah fotonya di Instagram, Bus ini memang memiliki tampilan yang cukup unik. 

Ternyata, pembuat bus ini adalah sebuah perusahaan karoseri di Bandung. Nama model bodinya yaitu Coach Enterprise buatan karoseri Stadabus di Bandung. Untuk secara tampilan keseluruhan, memang mengambil konsep bus Eropa. Bisa dilihat dari bagian depannya dengan headlamp atau lampu utama yang memiliki desain unik.

Marketing karoseri Stadabus, Muhammad Alif Naufal mengatakan, model yang dipilih pemilik karoseri Stadabus memang menginginkan bus bernuansa Eropa. Ini dimaksudkan agar Stadabus memiliki desain yang berbeda dari bodi-bodi bus yang beredar di jalanan Indonesia.

“Beliau membuat karoseri bus dengan nuansa Eropa karena sering melihat bus-bus Eropa yang terkesan mewah dan gagah,” ucap Alif seperti dilansir Kompas.com,

Selain itu, desain dari bus ini juga memadukan konsep zaman dahulu dan era modern. Konsep zaman dulu bisa dilihat dari headlightnya yang tidak mengikuti tren memakai day-time running light (DRL). Sedangkan sisi modernnya ada di bentuk bodinya.

“Konsep zaman dahulu ada di lampu dan dipadukan dengan bentuk bodi yang kekinian ditambah dengan lekukan-lekukannya yang tajam,” kata Alif.

Desain bus ini juga menggunakan model kaca double glass atau kaca ganda dengan sekat yang tipis. 

Kemudian untuk di sisi samping, Coach Enterprise ini tidak memiliki selendang sehingga pandangan ke samping dari kabin tidak terhalang.

“Untuk dimensi busnya, kurang lebih setara dengan HDDnya Adiputro. Kemudian di kabin tidak terlalu jauh berbeda, namun memakai louver AC versi Stadabus yang berbeda dari lainnya,” ucapnya.

Untuk kapasitasnya, ada 47 kursi buatan Aldila Seat yang disusun dua kanan dan dua kiri (2-2). Untuk saat ini baru ada satu unit yang dimiliki oleh Marjaya Trans, selain itu Stadabus juga sudah membuka pesanan bagi PO bus yang berminat. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved