Sejarah Bakso President, Bakso Legendaris di Kota Malang

Bakso Presiden adalah salah satu warung bakso legendaris di kota Malang. Inilah sejarahnya hingga disebut bakso Presiden.

ist
Bakso President di Kota Malang yang legendaris 

SURYATRAVEL, MALANG - Selain dikenal sebagai kota pendidikan dan kota wisata, kota Malang juga dikenal sebagai kota Bakso. Maklum, di kota ini, banyak ditemui warung-warung bakso dengan citarasa yang sulit ditandingi kota-kota lain di Indonesia. 

Salah satu dari sekian banyak warung bakso di Malang, warung bakso President adalah salah satu yang cukup kondang. 

M Ali Wardani Penanggung Jawab Bakso President, menuturkan, Bakso President dibuka sekitar tahun 1977 oleh abahnya. 

"Almarhum abah mulai berjualan dengan cara memikul dari satu tempat ke tempat lain. Kemudian berubah menjadi mendorong gerobak," kata Ali Wardani.

"Karena mulai banyak pelanggan di daerah sini. Almarhum abah mendirikan warung kecil-kecilan. Setelah lama kemudian pindah ke belakang menjadi warung yang besar sampai saat ini," tuturnya.

Dia melanjutkan, nama bakso President tidak muncul begitu saja. Mulanya, warung baksonya bernama bakso Manalagi. 

Namun karena lokasinya dekat dengan tempat yang dulu merupakan Bioskop President, warga pun menyebutnya bakso President. 

"Lalu pelanggan banyak menyebutnya sebagai kawasan President. kalau dulu ini namanya bakso manalagi. Berhubung sering disebut bakso President, kami akhirnya mengganti namanya menjadi bakso President. Sampai sekarang berkembang seperti saat ini," ungkapnya.

Saat ini Bakso President dikelola oleh generasi kedua. 

"Sempat mengalami pertimbangan soal bumbu, alhamdulillah untuk rasa sampai kapanpun tetap bakalan sama," imbuhnya.

Dari berdirinya Bakso President sampai sekarang, lanjut Ali Wardani, ada penambahan varian menu berupa Bakso Bakar.

Dia juga memastikan bahwa resep yang digunakan masih resep yang dibuat oleh Abahnya.

"Kami usahakan seperti itu. Jadi tidak menambah banyak varian menu. Bumbu bumbunya tetap memakai dari almarhum abah yang dahulu," jelasnya.

Yang menjadi pembeda dengan bakso lainnya adalah faktor umur dan resep yang digunakan dari turun temurun. Bakso President merupakan bakso tertua di Malang. Sehingga, tidak membuka cabang di luar kota. Hanya ada di Bumi Arema.

"Kalau wisatawan yang datang ke Malang gak mampir bakso Presidentt. Serasa ada yang kurang," celetuknya.(Febrianto Ramadani)

Ikuti kami di
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved