Hindari Wisata di 4 Zona Merah, Ini Alternatif Destinasi Wisata Lain di Jatim yang Tak Kalah Menarik

Kadisbudpar Jatim menyarankan agar pelancong sementara menghindari tempat wisata zona merah. Apalagi banyak tempat wisata lain yang tak kalah menarik

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
ist
Wisata Waduk Lecari di Banyuwangi yang dulunya adalah sungai kotor. 

SURYATRAVEL - Masa Pandemi Covid-19 belum berakhir, saat ini bahkan Jawa Timur memiliki empat daerah yang termasuk ke dalam zona merah Covid-19.

Keempat daerah itu adalah Kabupaten Jember, Situbondo, Jombang, dan Kota Batu. Ada baiknya travelers menghindari tempat wisata yang ada di zona merah itu.

Sebagai alternatif, seperti diungkapkan  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Sinarto, menyarankan wisatawan untuk pergi ke tempat wisata yang berada di daerah yang termasuk dalam zona oranye dan kuning.

 “Wisatawan bisa ke zona oranye atau kuning. Malang, Probolinggo, dan Pasuruan itu juga punya tempat yang bagus. Madura juga punya,” katanya kepada Wartawan, Selasa (08/12/2020).

Daerah lain yang termasuk ke dalam zona oranye misalnya Sidoarjo, Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Blitar, Kota Probolinggo, Tulungagung, Lamongan, Bondowoso, Kediri, dan Gresik. Kemudian, ada Ngawi, Nganjuk, Sumenep, Trenggalek, Ponorogo, Banyuwangi, Pasuruan, Magetan, Probolinggo, Kota Mojokerto, Tuban, Pamekasan, Blitar, Malang, Kota Pasuruan, Kota Kediri, Bojonegoro, Bangkalan, Kota Madiun, Lumajang, Mojokerto, dan Madiun.

Sementara itu, daerah zona kuning yang sebelumnya berjumlah 11 daerah, per Selasa (2/12/2020) berkurang menjadi dua daerah, yakni Pacitan dan Sampang.

Biasanya wisatawan akan banyak berkunjung ke Kota Batu. Namun saat ini Kota Batu masih termasuk ke dalam zona merah, sehingga cukup mengkhawatirkan.

 “Saya coba evaluasi dalam 1-2 hari kemarin terakhir ada klaster keluarga. Nah kita coba evaluasi lagi untuk teman-teman Kota Batu sejauh mana klaster itu, Insyaallah bisa dikendalikan,” ujar Sinarto.

Sinarto menyebut beberapa daerah yang bisa jadi alternatif pilihan wisatawan. Salah satunya adalah Banyuwangi. Menurutnya Banyuwangi bisa dibilang sangat menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Selain itu ada pula daerah seperti Malang, Probolinggo, Pasuruan, Pacitan, Magetan, hingga Madura yang tidak termasuk ke dalam zona merah. Jika ingin mencari tempat wisata yang bersuhu dingin maka wisatawan bisa mengunjungi Magetan.

Menurut Sinarto, Magetan sebelah barat punya beberapa tempat yang bagus dan pilihannya pun beragam. “Lalu Pacitan pantainya luar biasa bagus. Kulinernya juga luar biasa bagus. Ngawi juga punya (wisata) buatan-buatan yang sifatnya alam. Ada (air terjun) Srambang itu bagus, sebelah utara dari Gunung Lawu,” kata Sinarto.

Wisatawan cenderung menyukai tempat-tempat wisata yang berbasis alam. Namun musim penghujan dan cuaca tidak menentu, Sinarto menyarankan wisatawan untuk berwisata ke tempat-tempat wisata buatan. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved