Baru Dibuka, KidZania Surabaya di Lave Mall Sungkono Langsung Didatangi Ratusan Bocah

Wahana hiburan dan edukasi anak, KidZania telah hadir di Surabaya, tepatnya di Lave Mall Sungkono. Ratusan anak langsung hadir saat pembukaannya.

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/sri handi lestari
KidZania Surabaya yang baru dibuka di Lave Mall Sungkono, Surabaya. 

SURYATRAVEL, SURABAYA - -Wahana hiburan dan edukasi bagi anak-anak, KidZania untuk pertama kalinya hadir di kota Surabaya, Sabtu (12/12/2020).

Peresmian wahana baru yang berada di Lave Mall (Lagoon Avenue Mall) Sungkono itu langsung menarik para anak-anak untuk mencobanya.

Tercatat ada ratusan anak yang sudah melakukan pemesanan tiket baik secara online maupun on the spot untuk masuk di hari pertama tersebut.

Salah satu pengunjung, Fu Ling (34) mengaku senang dengan kehadiran KidZania di Surabaya ini.

"Tiga anak saya sering ke KidZania di Jakarta. Tapi selama tahun 2020 ini, tidak ada pergi kemana-mana karena pandemi. Tapi begitu tahu KidZania di Surabaya buka, kami langsung datang kesini," kata Fu Ling, bersama tiga anaknya yang masih duduk di bangku SD.

KidZania memberikan pengalaman anak-anak untuk praktek langsung beragam profesi. Mereka bermain beragam profesi di sekitar 45 wahana yang ada di area seluas 4.500 meter persegi tersebut. Berbagai fasilitas yang mirip dengan aslinya, dihadirkan di wahana itu. Seperti pesawat yang berukuran asli, kantor polisi, toko emas, bank, pabrik makanan, minuman, dan lainnya. Serta menjadi penyiar radio, atau presenter televisi.

Ada juga pemadam kebakaran beserta mobilnya.

"Kidzania adalah angin segar dalam dunia anak-anak Indonesia, terutama di Surabaya. Mereka tidak hanya mendapat cerita atau tontonan, tapi juga benar-benar langsung diberi pengalaman dan perspektif dunia kerja orang dewasa," kata Tarno Darwan, City Mayor KidZania Surabaya.

Wahana edukasi ini dirancang untuk rentang usia 4 hingga 16 tahun dan mempersiapkan anak ke era industry 4.0.

Dalam tampilannya, wahan KidZania ini membentuk sebuah kota metropolis yang lengkap. Wahana yang tampil juga sesuai dengan keadaan sebenarnya. Seperti perbankan, wahana yang tersedia bernama Bank BRI. Kemudian ada juga toko emas, yang bernama UBS. Juga asuransi dengan ACA Asurance, pabrik minuman Teh Pucuk, dan tentunya pesawat terbang yang dibranding dengan tiket.com.

Mobil-mobil yang bisa dipakai anak-anak keliling sebagai bagian dari profesi yang dimainkan juga ada. Seperti mobil pemadam kebakaran, bus city tour, bahkan troli barang kurir belanja online.

Termasuk juga area Citicon, pabrik bata ringan yang mengajak anak-anak bisa mendapatkan pengalaman profesi sebagai insiyur bangunan.

Uchu Riza, Mentor Minister KidZania Surabaya, mengungkapkan, dalam opening perdana ditengah pandemi covid 19 ini, pihaknya juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat. "Memang ada tiga hal penting yang menjadi tantangan dalam penyelenggaraan taman bermain atau theme park ditengah pandemi ini," kata Uchu.

Yaitu keselamatan, pendidikan dan komunitas. Ketiganya diterapkan secara ketat dan berkesinambungan di KidZania Surabaya, agar penduduk kota mini ini, yakni anak-anak dan pendampingnya, merasa aman dan nyaman.

Terkait keselamatan saat pandemi, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mengurangi kapasitas anak yang bermain hingga hanya 50 persen. Kemudian menyediakan hand sanitizer disetiap wahana atau establisment dan ada petugas penjaganya.

"Juga setiap sesi, ada jeda untuk pembersihan dulu. Saat ini operasional masih kami lakukan mulai pukul 12.00 WIB sampai 17.00 WIB," tandas Uchu.(Sri Handi Lestari)

 Foto : Surya/Sri Handi LestariPintu masuk ke arena KidZania sudah terlihat pesawat yang bisa dimanfaatkan anak-anak untuk bermain profesi kru pesawat. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved