Sambut Nataru, 64 Unit Lokomotif & 389 Gerbong Kereta Siap Operasi di Wilayah KAI Daop 8 Surabaya,

PT KAI Daop 8 Surabaya telah menyiapkan 64 unit Lokomotif, 389 gerbong kereta, 16 unit KRD dan 597 gerbong barang yang siap dioperasionalkan.

Editor: eben haezer
tribun jatim/fikri firmansyah
PT KAI Daop 8 Surabaya telah menyiapkan armada sarananya yang terdiri dari 64 unit Lokomotif, 389 gerbong kereta, 16 unit KRD dan 597 gerbong barang yang siap dioperasionalkan untuk melayani masa angkutan Nataru. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

SURYATRAVEL, SURABAYA - Guna mendukung operasional pelayanan KA pada masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021, PT KAI Daop 8 Surabaya telah menyiapkan 64 unit Lokomotif, 389 gerbong kereta, 16 unit KRD dan 597 gerbong barang yang siap dioperasionalkan.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto.

"Armada sarana pelayanan Nataru yang terdiri dari 64 unit Lokomotif, 389 gerbong kereta, 16 unit KRD dan 597 gerbong barang dipusatkan pada Tiga Depo di wilayah Daop 8 Surabaya yaitu Depo Lokomotif/Gerbong/Kereta Sidotopo, Depo Lokomotif/Kereta Surabaya Pasar Turi dan Depo Kereta/ Lokomotif Malang," ujar Suprapto, Kamis (17/12/20) di Surabaya.

Suprapto menjelaskan, dari total armada sarana yang memang disiapkan untuk liburan Natal 2019 dan tahun Baru 2020 itu, PT KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 30 KA Jarak Menengah/Jauh Reguler dan 64 KA Lokal.

Adapun untuk stasiun keberangkatan awal dari 30 KA Jarak menengah/Jauh Reguler tersebut dipusatkan pada 3 stasiun kelas besar yaitu :

1. Stasiun Malang sebanyak 6 KA jarak Menengah/Jauh pemberangkatan awal,

2. Stasiun Pasar Turi sebanyak 8 KA Jarak Menengah /Jauh pemberangkatan awal.

3. Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 16 KA Jarak menengah/Jauh (8 KA Pemberangkatan awal dan 8 KA yang melintas).

Sedangkan untuk pemesenan tiket, kata Suprapto, pihaknya telah membuka layanan pemesanan tiket Kereta Api Jarak Menengah/Jauh untuk periode liburan Natal 2020 dan tahun Baru 2021.

"Masyarakat sudah dapat memesan tiket tersebut melalaui aplikasi KAI Access, Situs resmi kai.id, serta kanal penjualan online resmi lainnya," terangnya.

Suprapto menambahkan, masyarakat tidak perlu ragu dalam menggunakan angkutan kereta api, karena KAI tetap mengoperasikan KA dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan secara ketat dan disiplin pada setiap waktu sejak di stasiun dan diatas KA serta selama dalam perjalanan.

"Selain itu, masyarakat yang akan menggunakan KA Jarak Jauh juga diharuskan untuk menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test Antibodi) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan) atau surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter Rumah Sakit/Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR dan/atau Rapid Test Antibodi," jelasnya.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Penumpang, KAI Daop 8 Siapkan Kereta Tambahan Jarak Jauh

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved