Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Cukup Pakai Rapit Test Antibodi

Masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api jarak jauh dan menengah, cukup dikenai syarat melakukan rapid test antibodi. 

tribun jatim/fikri firmansyah
PT KAI Daop 8 Surabaya telah menyiapkan armada sarananya yang terdiri dari 64 unit Lokomotif, 389 gerbong kereta, 16 unit KRD dan 597 gerbong barang yang siap dioperasionalkan untuk melayani masa angkutan Nataru. 

SURYATRAVEL - Masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api jarak jauh dan menengah, cukup dikenai syarat melakukan rapid test antibodi

Sebab, hingga kini PT KAI Daop 8 Surabaya masih menunggu keputusan lebih lanjut dari Pemerintah terkait syarat Rapid Test Antigen bagi penumpang KA Jarak Jauh.

“KAI masih mengacu ke SE 14 Kemenhub tanggal 8 Juni 2020 dan SE 9 Gugus Tugas Covid-19 tanggal 26 Juni 2020,” jelas manajer Humas KAI Daop 8 Suprapto, Minggu (20/12/2020).

Menurutnya masyarakat yang akan menggunakan KA Jarak menengah/jauh diharuskan untuk menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test Antibodi) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan).

Bisa juga  dengan menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter Rumah Sakit/Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR dan/atau Rapid Test Antibodi.

Untuk peningkatan pelayanan dan antisipasi antrean layanan Rapid Test Antibodi di stasiun, KAI akan menambah petugas pelayanan Rapid Test di Stasiun yang peminatnya tinggi seperti Stasiun Gubeng, Stasiun Pasar Turi dan Stasiun Malang. 

Baca juga: Pantai Gemah di Tulungagung Ditutup Mulai Besok

Baca juga: Mencicipi Menu Sambelan Belalang Goreng di Dawarblandong Mojokerto, Berani?

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved