Liburan ke Kawah Ijen Start Dari Jember Pakai Bus Damri Tanpa Rapid Test

Wisatawan tak perlu membawa surat rapid test untuk mendaki kawah Ijen di Banyuwangi.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
suryatravel/istimewa
Keelokan kawasan Ijen 

SURYATRAVEL - Travelers yang mau liburan ke Kawah Ijen kini lebih mudah.  Perum DAMRI bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyediakan layanan angkutan wisata Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) rute Jember -Bondowoso-Ijen.

Kepala Seksi Angkutan Orang dan Barang Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Bondowoso, Bayu Aji Prabowo mengatakan pelayanan transportasi pada rute tersebut mulai beroperasi sejak 19 Oktober 2020.

Travelers tinggal duduk manis di dalam kendaraan hingga sampai di Paltuding. Perjalanan dimulai dari stasiun Jember menggunakan bus Damri.

Pukul 12.00 WIB, bus berangkat menuju titik stasiun Bondowoso. Selanjutnya, penumpang turun untuk pindah ke mobil jenis elf. Kendaraan itu akan mengantarkan wisatawan ke Paltuding-Ijen. Perjalanan ditempuh sekitar dua jam dengan jarak sekitar 76 kilometer (km).

Dari Bondowoso, kendaraan berangkat pukul 15.00 WIB dan tiba pukul 17.00 WIB. Di Paltuding.

Para travelers yang hendak ke naik ke Kawah Ijen dapat beristirahat dulu dengan mendirikan tenda di Paltuding untuk menikmati malam sambil ngopi. Sebab, perjalanan menuju Kawah Ijen dimulai pukul 02.00 WIB.

Tiket masuk dapat dibeli di pos pendakian. Di sana, petugas juga akan mengecek kelengkapan pendaki.

"Sementara, tarif yang dikenakan untuk trayek Jember -Bondowoso dan Bondowoso -jember Rp 15.000. Khusus ruteBondowoso-Paltuding (Ijen) gratis hingga bulan Desember," terangnya

DAMRI melayani dua trip atau pemberangkatan setiap hari, berikut rinciannya : 

1. Terminal Tawang Alun - Stasiun Jember , Bandara Noto Hadinegoro, Stasiun Bondowoso (Museum Kereta Api) :

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved