Pemkab Bondowoso Membatasi Jam Operasional Tempat Wisata, Kafe, dan Restoran Jelang Malam Tahun Baru

Pemerintah Kabupaten Bondowoso membatasi jam operasional tempat wisata, kafe dan restoran menjelang Perayaan Tahun Baru 2021.

ist
Batu So'on merupakan salah satu wisata alam yang unik di Bondowoso. Strukturnya mirip Stonehenge yang berada di Inggris, Jumat (9/10). Jelang malam tahun baru, seluruh tempat wisata di Bondowoso dibatasi jam operasionalnya. 

SURYATRAVEL, BONDOWOSO - Pemerintah Kabupaten Bondowoso membatasi jam operasional tempat wisata, kafe dan restoran menjelang Perayaan Tahun Baru 2021.

Sebab, angka kasus penularan Covid-19 masih terbilang tinggi. Selain itu, ditemukan strain baru Covid-19 di Inggris yang lebih ganas.

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat mengatakan jam operasional tempat wisata dibatasi hingga pukul 17.00 WIB. Sedangkan untuk kafe dan restoran boleh buka sampai pukul 21.00 WIB.

Aturan itu mengacu Surat Edaran Bupati Bondowoso Tentang Upaya Pencegahan Penyebaran dan Penularan Covid-19 Pada Destinasi Wisata dan Usaha Jasa Pariwisata di Kabupaten Bondowoso.

"Pengelola sektor-sektor itu maupun masyarakat tak boleh menggelar acara perayaan tahun baru yang bisa menimbulkan kerumunan. Jumlah pengunjung tempat wisata, cafe dan restoran juga dibatasi tidak lebih dari 50 persen," katanya, Senin (28/12).

Apabila pengelola sektor-sektor tersebut melanggar aturan, lanjut Irwan, siap-siap diganjar sanksi.

Selain masyarakat, Tim Satgas Covid-19 akan konsen memantau tempat wisata, kafe dan restoran dengan berkeliling.

"Apalagi sampai menggelar acara pada momen tahun baru hingga menimbulkan keramaian. Kami akan memberikan sanksi yakni peringatan teguran dalam rangka pembinaan," terangnya.

"Di malam pergantian tahun, rencananya alun-alun akan ditutup untuk menghindari kerumunan. Akses masuk ke alun-alun akan ditutup," imbuhnya.

Di sisi lain, ia menjelaskan, untuk sementara waktu tidak ada ketentuan warga dari luar  wajib menunjukkan hasil rapid antigen kala memasuki wilayah Bondowoso. Karena, Bondowoso bukan daerah tujuan wisata.

"Sementara ini belum ada kebijakan pemeriksaan di akses pintu masuk Bondowoso. Berdasar imformasi beberapa warga Bondowoso ada yang pergi ke Bali. Mereka harus mentaati aturan yakni melakukan rapid antigen terlebih dahulu," jelasnya.

"Warga Bondowoso yang dari luar kota untuk sementara kami tidak melakukan pemantauan atau pemeriksaan secara khusus. Tetapi, kami meminta mereka untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat," tambahnya. (nen)

Ikuti kami di
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved