Kemenparekraf Buat Daftar Destinasi Wisata Bersertifikasi CHSE yang Aman Dikunjungi

Kini ada daftar destinasi wisata yang sudah tersertifikasi dengan CHSE ( Clean, Health, Safety, dan Environment)

ist
Ilustrasi tempat wisata 

SURYATRAVEL - Kini ada daftar destinasi wisata yang sudah tersertifikasi dengan CHSE ( Clean, Health, Safety, dan Environment)

Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf), Wisnu B Tarunajaya menuturkan, wisatawan dapat memeriksa usaha pariwisata apa saja yang telah tersertifikasi CHSE.

“(Kami sediakan) fasilitas bagi wisatawan di dalam rangka mereka mencari informasi tentang usaha-usaha pariwisata atau pengelola destinasi yang sudah tersertifikasi,” jelasnya .

Pernyataan tersebut dia ungkapkan dalam rapat virtual bersama para Kepala Dinas Pariwisata dari 34 provinsi di Indonesia yang bertajuk “Rapat Strategi Meraih Kepercayaan Wisman & Wisnus untuk Berkunjung ke Destinasi Pariwisata di Era Adaptasi Baru”, Sabtu (26/12/2020)

Sertifikasi CHSE merupakan jaminan kepada wisatawan, usaha pariwisata yang memiliki sertifikat dan stiker CHSE telah menerapkan protokol kesehatan yang benar dan aman untuk dikunjungi.

Cara lihat usaha pariwisata yang telah tersertifikasi CHSE Wisatawan bisa mengakses situs https://chse. kemenparekraf.go.id/ sebelum menentukan ingin liburan ke mana.

Di situs ini wisatawan dapat memilih untuk melihat penginapan, restoran, tempat wisata, dan kegiatan wisata apa saja yang telah tersertifikasi CHSE.

Seluruh usaha pariwisata dibagi dalam kategori hotel, rumah makan, daya tarik wisata, arung jeram, pondok wisata, selam, desa wisata, dan golf.

Jika digeser ke bawah layar, wisatawan bisa melihat “Destinasi” yang menampilkan destinasi wisata dan jumlah usaha pariwisata yang telah tersertifikasi CHSE. Apabila tidak ingin memeriksa satu per satu, bisa langsung pilih salah satu destinasi wisata yang ada.

Adapun, daftar Kategori Usaha Pariwisata mencakup daya tarik wisata, desa wisata, homestay atau pondok wisata, hotel, pusat informasi pariwisata, dan restoran atau rumah makan.

Kemudian, ada tempat MICE, tempat penjualan cenderamata, usaha arung jeram, usaha golf, usaha jasa transportasi wisata, usaha wisata paralayang, dan usaha wisata selam. (wiwit purwanto)

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved