Kemenparekraf Kembangkan Sports Tourism Jadi Opsi Pariwisata di Masa Pandemi

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan  pariwisata berbasis olahraga ( sport tourism) dapat menjadi opsi bagi kalangan wisatawan tertentu.

ist
ilustrasi 

SURYATRAVEL - Sports tourism bakal menjadi wisata alternatif dan opsi kalangan wisatAwan tertentu dalam masa pandemi Covid-19 ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan  pariwisata berbasis olahraga ( sport tourism) dapat menjadi opsi bagi kalangan wisatawan tertentu.

“Ada yang disebut pandemic fatigue. Banyak masyarakat yang fatigue secara sembilan bulan lebih harus di rumah saja,” ujarnya melansir Kompas.com terima, Selasa (5/1/2021).

Menurutnya pilihan tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat yang sudah ingin berwisata dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, tetapi bisa sambil menjalankan hidup sehat.

Ia menambahkan potensi tersebut dapat menumbuhkan ekosistem industri pariwisata, khususnya untuk jenis pariwisata berbasis olahraga. Oleh karena itu, pihaknya mengusulkan kepada sejumlah asosiasi cabang olahraga (cabor) untuk menyelenggarakan acara wisata olahraga di lima destinasi super prioritas

”Saat ini, sejumlah asosiasi cabor seperti golf, triathlon, dan marathon mengusulkan pagelaran acara wisata olahraga di Bali, Jakarta, Yogyakarta, Kepulauan Riau, Danau Toba, dan Labuan Bajo,” lanjutnya.

Nantinya dalam pengembangan dan penyelenggaraan pariwisata berbasis olahraga, akan mengusung konsep pariwisata berkualitas.

Pariwisata berkualitas adalah di mana seorang wisatawan melakukan pengeluaran yang tinggi ketika berkunjung ke suatu destinasi. Guna mengembangkan pariwisata berbasis olahraga, Kemenparekraf bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). (wiwit purwanto)

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved