Coban Nirwana, Surga Tersembunyi di Gedangan Kabupaten Malang

Di kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, terdapat surga tersembunyi. Namanya, Coban Nirwana

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/erwin wicaksono
Coban Nirwana di Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. 

SURYATRAVEL, MALANG - Ornamen batu dengan relief yang artistik membuat Coban Nirwana berbeda dengan berbagai destinasi wisata air terjun di Kabupaten Malang.

Air terjun yang berlokasi di Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang ini bahkan tidak terdapat tarif tiket masuk.

Wisatawan cukup membayar Rp 5 ribu untuk penitipan motor dan Rp 10 ribu bagi pengendara mobil.

"Saya pertama kali kesini. Tadi sempat tersesat karena tidak ada sinyal untuk akses gps," ujar Isa, pengunjung asal Kota Malang yang berkunjung ke Coban Nirwana pada Jumat (8/1/2021).

Coban Nirwana ibarat surga tersembunyi. Saking tersembunyinya, penunjuk arah menuju Coban Nirwana sangat minim. Wisatawan bisa saja tersesat karena tak tahu arah.

Selain itu, sepanjang mata memandang, infrastruktur di Coban Nirwana cukup buruk. Fasilitas umum seperti toilet dan sebagainya. Kondisi jalanan juga kurang terawat.

"Syukurnya warga sekitar sangat baik sekali. Saat tak tau arah, saya bertanya langsung diantarkan langsung ke lokasi," beber pria yang mengenakan motor matic itu.

Sebelum sampai di Coban Nirwana, wisatawan diharuskan menapaki jalur yang curam dan berbahaya. Kondisi jalanan juga licin.

"Jangan menggunakan sepatu dengan alas kaki yang licin. Lebih baik, menggunakan sepatu gunung atau sepatu dengan alas yang bergigi," tuturnya.

Usai menuruni jalur curam, hamparan sejuk udara dengan suara arus air begitu menenangkan.

"Udaranya begitu sejuk cocok untuk bersantai," jelasnya. (erwin wicaksono)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved