Kuliner

Rela Antre Panjang Demi nasi Jagung Iwak Gloso dan Wader di Warung Mbak Sumi Bojonegoro

Di sekitar Waduk Pacal, Temayang, Bojonegoro, orang-orang rela antre demi menikmati nasi jagung iwak Gloso dan Iwak Wader warung Mbak Sumi

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/nuraini faiq
Pengunjung asyik menikmati menu yang ditawarkan di Warung Mbak Sumi, Bojonegoro 

SURYATRAVEL, BOJONEGORO - Inilah pemandangan sehari-hari yang mungkin dilihat siapapun yang melintas di  jalur Nganjuk-Bojonegoro. Persis di areal sekitar Waduk Pacal, Temayang, Bojonegoro, atau sekitar 45 menit perjalanan dari Kota Nganjuk, selalu antre puluhan warga saban hari. 

Mereka rela berjubel, bergantian, giliran, menenteng cobek kecil untuk segera diisi sambal dan iwak kali. Semakin mendekati makan siang, antrean makin panjang. Inilah Warung Mbak Sumi yang menawarkan menu nasi Jagung Iwak Gloso dan Wader.

Lokasi persisnya di areal hutan sejuk dekat Waduk Pacal Desa Kedung Jati, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro.

"Sambelnya yang Mantab. Sedap dan enak. Belum lagi wadernya yang kriuk," ucap Farida, salah satu pengunjung, Kamis (7/1/2021).

Sebenarnya, perempuan ini ingin menyantap nasi jagung ikan gloso. Namun kehabisan. Iwak wader langsung kremus menjadi pengganti yang sepadan. Bahkan banyak yang ketagihan wader kremus ini. 

"Durinya lembut dan renyah. Gurih pol. Yang Mantab adalah sambalnya. Ada sedap manis-manisnya," tambah Nisa, pengunjung yang lain. 

Warung Mbak Sumi, tertulis Warung Semok Mbak Sumi, memang sangat terkenal. Surya yang mampir di Warung ini menjadi saksi banyaknya pengunjung. Saat itu jam 11.00, parkir kendaraan bermotor sudah padat. 

Lima meja ukuran besar dengan bangku panjang tersedia di dalam Warung sederhana ini. Dinding Gedek dan Lantai tanah. Namun siang itu semua sudah penuh terisi pengantre. 

Cara memesannya adalah berdiri di antrean dekat dapur. Loyang besar digelar untuk menaruh tumpukan wader dan gloso. Selain dua menu utama itu ada nila dan mujair. Pengantre akan mendapat cobek kecil berisi sambal dan ikan. 

Sudah diporsi. Sementara nasi bisa mengambil sendiri. Ada nasi putih, nasi jagung, dan tiwul. Sementara ada juga tersedia sayur lodeh, sayur Asem, dan sayur bobor bayam. Semua bebas mengambil. Hanya sambal dalam cobek dan ikan yang sudah diporsi penjual.

"Saya suka putih campur tiwul. Diulet (campur) sambal dan sayur bayam wenak. Bayarnya sama Rp 15.000. Ditambah minum," kata Farida lagi. 

Bagi warga yang melintas di jalur Nganjuk-Bojonegoro atau sebaliknya rugi kalau tidak mampir Warung Mbak Sumi. Sebaiknya jangan di atas jam 13.00 karena sering habis. Sementara setiap hari Jumat, warung ini tutup.(nuraini faiq)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved