Dampak Hujan Deras, Sejumlah Jalan Menuju Bromo di Tosari Longsor

Hujan deras yang mengguyur wilayah Tosari membuat sejumlah titik di akses menuju Gunung Bromo banjir dan disertai longsor, Senin (11/1/2021).

surabaya.tribunnews.com/galih lintartika
Salah satu titik akses menuju gunung Bromo di kawasan Tosari, Pasuruan, yang terdampak longsor 

SURYATRAVEL, PASURUAN - Hujan deras yang mengguyur wilayah Tosari, Pasuruan membuat sejumlah titik di akses menuju gunung Bromo banjir dan disertai longsor, Senin (11/1/2021).

Dari data yang didapatkan, longsor tebing di Tosari sempat menutup jalur wisata menuju Gunung Bromo via Tosari, Pasuruan. Jalanan ditutupi oleh lumpur.

Bukan di satu titik, longsor juga terjadi di beberapa titik. Namun, kondisi ini sudah lebih baik, setelah forum pimpinan kecamatan langsung cekatan mengatasi ini.

Camat Tosari, Hari Hijroh mengatakan, hari ini, pihaknya bersama Dinas PU Bina Marga, BPBD dan beberapa stakeholder lainnya bahu membahu membersihkan sisa longsoran.

"Allhamdulillah sudah lancar sekarang. Kalau kemarin malam, memang sempat tertutup. Namun, tidak parah, karena longsornya kecil," kata dia.

Dia menjelaskan, sekalipun kecil, tapi jumlahnya ada beberapa titik. Selain longsor, sempat juga banjir yang terjadi dari luapan sungai.

Bahkan, videonya viral di media sosial, banjir yang menutupi jalan di Wonokitri, Tosari. Ia menyebut, banjir itu hanya terjadi sesaat.

"Penyebabnya karena hujan tinggi, sungainya tersumbat sampah. Jadi alirannya tidak lancar. Dan membuat air meluap. Tapi tidak apa - apa, itu sebentar dan langsung surut," jelas dia

Menurut dia, penyebab banjir dan longsor ini akibat intensitas hujan yang sangat tinggi. "Intensitas dan durasi hujan di sini sangat tinggi sekali. Kami tetap himbau masyarakat untuk tetap waspada," pungkas dia. (galih lintartika)

Ikuti kami di
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved