Sehari Menjelajah Geopark Ijen di Bondowoso

Ijen tidak melulu tentang Kawah Ijen. Lebih luas, lagi ada kawasan Geopark Ijen yang harus anda jelajahi di Bondowoso. Yuk

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Komunitas gowes menjelajahi kawasan Geopark Ijen di Bondowoso 

SURYATRAVEL, BONDOWOSO - Meski belum resmi ditetapkan sebagai Global Geological Park (Geopark) atau taman bumi, tidak ada salahnya mengenal calon Geopark Ijen di Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso.

Hanya dalam waktu sehari, anda bisa menikmati Geopark Ijen yang berada di kaldera purba Gunung Ijen tersebut.  

Sebagai catatan, saat ini pemerintah masih mengusulkan Geopark Ijen ke UNESCO.

 Jika berbicara tentang Taman Bumi Ijen, jangan hanya membayangkan tentang Kawah Ijen atau Gunung Ijen (2.779 Mdpl) semata. Kawah Ijen memang termasuk dalam kawasan yang diusulkan sebagai Geopark Ijen.

Namun tengoklah juga Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso. Kecamatan yang dulunya bernama Sempol itu berada di kaki Gunung Ijen, yang juga menjadi kaldera purba gunung berapi tersebut.

Kawasan itu juga termasuk dalam lingkup Taman Bumi Ijen yang diusulkan oleh Pemkab Bondowoso ke pemerintah pusat, untuk diusulkan ke UNESCO.

Karenanya, sejumlah tempat di Kecamatan Ijen bisa anda kunjungi setelah turun dari Kawah Ijen. Atau wisatawan bisa secara khusus hanya menjelajah Taman Bumi Ijen di Kecamatan Ijen, jika tidak ingin mendaki ke Kawah Ijen.

Berkeliling ke sejumlah tempat wisata di Kecamatan Ijen, bisa dilakukan hanya dalam waktu sehari. Antar tempat tujuan, bisa didatangi dengan kendaraan roda empat dan roda dua.

Beberapa waktu lalu, Surya berkeliling ke beberapa titik Taman Bumi Ijen di kecamatan yang berjarak sekitar 62,2 Km tersebut, hanya dalam waktu sehari.

Berikut tempat-tempat yang bisa dikunjungi wisatawan di Kecamatan Ijen. Destinasi ini dilewati dari arah Jember, Bondowoso, atau Situbondo.

Halaman selanjutnya

1. Pos Malabar

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved