Jangan Marah-marah Kalau Penerbangan Ditunda, Simak Dulu Penjelasan Pilot Berikut

Bagi anda yang penerbangannya ditunda atau dibatalkan, jangan dulu marah-marah. Simak, ini penjelasan pilot yang sudah profesional

suryatravel/ahmad zaimul haq
ilustrasi 

SURYATRAVEL, SURABAYA - Penundaan hingga pembatalan penerbangan sebenarnya menjadi permasalahan umum yang sering dihadapi oleh pihak maskapai dan penumpang.

Meski begitu, tak jarang penumpang sulit memaklumi hal tersebut dengan baik. Bahkan tak jarang, mereka emosi ketika terjadi penundaan keberangkatan pesawat.

Vice President Ikatan Pilot Indonesia, Captain Rama Noya mengatakan, sebenarnya saat pesawat memilih untuk menunda penerbangan itu berarti sedang ada kendala. Baik secara teknis maupun lainnya.

"Memilih untuk menunda penerbangan merupakan pilihan terbaik yang dilakukan kapten pilot demi keselamatan kru dan penumpang," terang Captain Rama dalam live zoom Lipsus Harian Surya, Senin (18/1/2021).

Captain Rama melanjutkan, persoalan penerbangan lebih kompleks dan banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Terlebih di musim hujan seperti saat ini. Sebelum melakukan penerbangan, pesawat perlu melewati beberapa pengecekan, baik secara teknis atau memantau cuaca.

Sebelumnya, pilot dibekali skill untuk menghadapi cuaca yang kurang baik. 

"Biasanya, sebelum berangkat pilot akan melihat pantauan ramalan cuaca, terlebih pada musim hujan seperti sekarang ini. Lewat ramalan cuaca dan lain sebagainya, biasanya pilot sudah bisa memprediksi apa yang akan mereka hadapi. Sekaligus mempersiapkan hal-hal untuk menghadapi kondisi tersebut," jelasnya.

Selain cuaca, faktor lain yang kerap mengganggu penerbangan adalah adanya benda-benda yang sengaja diterbangkan di udara seperti, layangan, balon udara, drone, dan lain sebagainya.

"Sebetulnya, kalau layangan memang tidak seberapa tinggi. Tapi kalau diterbangkannya di dekat bandara, yang notabene pesawat belum terbang tinggi di area itu, juga sama berbahayanya," tutupnya.

Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved