5 Kuliner Ekstrem di Jawa Timur yang Unik dan Khas, Berani Coba?

Banyak kuliner ekstrem yang bisa ditemui di Jawa Timur. Berikut lima kuliner ekstrem di Jawa Timur yang barangkali bisa anda coba.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
ist
Ilustrasi 

SURYATRAVEL - Keanekaragaman  kuliner di Indonesia berbeda di setiap daerah. Di Jawa Timur khususnya ada banyak makanan unik yang khas bahkan ekstrem bagi pendatang.

Namun bagi warga lokal, makanan tersebut terbilang biasa, lezat, dan bergizi.

Berikut daftar kuliner ekstrem di Jawa Timur yang barangkali bisa anda coba 

1. Sate Biawak

Reptil yang hidup di rawa-rawa ini dijadikan makanan ekstrem bagi sebagaian orang Jawa. Biasanya Biawak akan diolah menjadi sate maupun tongseng sesuai selera. Beberapa orang meyakini jika daging Biawak bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan asma

2. Botok Tawon

Di beberapa daerah di Jawa Timur botok Tawon banyak digemari. Salah satu daerah yang ada  kuliner ekstrem Botok Tawon ini ada di daerah Banyuwangi.

Botok Tawon terbuat dari sarang lebah atau dalam Bahasa Jawa disebut tawon. Sarang lebah yang telah dipotong menjadi ukuran kecil kemudian dibungkus dalam daun pisang dan diberi bumbu botok dengan cabai

3. Sambal Tumpang

Sambal tumpang memanfaatkan tempe sebagai bahan utama. Uniknya tempe yang digunakan adalah campuran tempe yang sudah mau busuk dan tempe yang masih dalam kondisi baus.

Tempe lalu ditumis dengan berbagi bumbu dapur, santan, dan penyedap rasa. Hasilnya ada bau khas dari tempe busuk ketika disantap. Sambal tumpang terkenal dari daerah Malang.

4. Didih

Didih disebut juga saren, adalah darah ayam bisa juga kambing atau sapi yang diolah dengan cara dikukus. Untuk menambah sedap didih hanya perlu menaburkan garam. Makanan satu ini lebih mudah ditemui di daerah Jawa Timur, khususnya di penjual gulai.

5. Torpedo

Torpedo atau testis kambing ini dapat dipesan di rumah makan sate kambing daerah Jawa. Umumnya torpedo kambing akan ditaruh di piring dan ditutup daun pisang oleh penjual. Ada kepercayaan di masyarakat menyantap torpedo dapat meningkatkan libido.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved