Ingat, Berikut Syarat Berkunjung Ke Wisata Gunung Bromo Saat PPKM Jilid II

Ingat, Berikut Syarat Berkunjung Ke Wisata Gunung Bromo Saat PPKM Jilid II

surabaya.tribunnews.com/hayu yudha prabowo
Foto dok - Para pengunjung tampak menyemut di sepanjang bibir kawah gunung Bromo 

SURYATRAVEL, SURABAYA - Selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) jilid kedua, 26 Januari – 8 Februari 2021,  wisatawan tetap bisa berkunjung ke kawasan wisata Gunung Bromo.

Selama PPKM jilid II itu pula, tidak ada persyaratan yang berubah saat kunjungan ke Bromo, aturan masih sama dengan persyaratan sebelumnya.

Diungkapkan  Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidaya.  

“Kalau PPKM kami tidak terpengaruh sebelum juga SOP (standard operational procedure) sama pembatasan kunjungan itu sudah kami buat dan disepakati oleh para pihak mitra taman nasional. SOP-nya masih SOP yang awal itu,” katanya, Selasa (26/01/2021).

SOP itu mengalami beberapa perubahan pada bulan November 2020. Ketika reaktivasi bertahap kawasan Wisata Gunung Bromo dan sekitarnya dan tetap berlaku hingga kini.

Inilah persyaratan tersebut:

1. Pengunjung harus dalam kondisi sehat dengan menunjukkan surat keterangan sehat dari dokter yang menyatakan bebas dari ISPA. Jika ada hasil bukti negatif rapid test antigen yang masih berlaku, bisa juga ditunjukkan sebagai pengganti surat keterangan sehat dari dokter.

2.  Batas usia yang diperkenankan untuk memasuki kawasan TNBTS adalah kurang dari 60 tahun. Artinya, pengunjung balita dan anak-anak masih diperbolehkan. Ibu hamil dilarang memasuki kawasan TNBTSP

3. Selain itu pengunjung wajib melaksanakan prosedur atau protokol kesehatan Covid-19 di dalam kawasan TNBTS.

4. Pembelian tiket masuk hanya dapat dilakukan secara online melalui situs bookingbromo.bromotenggersemeru.org sesuai dengan ketersediaan kuota.

5. Jumlah penumpang kendaraan maksimal 50 persen dari kapasitas kendaraan atau jasa angkutan. Jip: satu pengemudi, tiga penumpang. Motor: satu pengemudi, satu penumpang. 

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved