30 Menit Sebelum Rapid Test GeNose C19, Calon Penumpang Kereta Api Dilarang Merokok

Tiga puluh menit sebelum menjalani rapid test GeNose C19 di stasiun, para calon penumpang Kereta Api Jarak jauh dilarang merokok. 

ist
Petugas PT KAI di Stasiun menunggu giliran menjalani rapid test dengan metode GeNose C19 

SURYATRAVEL, SURABAYA - Tiga puluh menit sebelum menjalani rapid test GeNose C19 di stasiun, para calon penumpang Kereta Api Jarak jauh dilarang merokok. 

Hal ini diungkapkan VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam siaran pers, Senin (01/02/2021).

“Untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang harus dalam kondisi sehat, telah memiliki tiket, serta dilarang merokok, makan, minum (kecuali air putih), selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampel napas,” ujar VP Public Relations KAI, Joni Martinus

Persyaratan lainnya adalah  calon penumpang diharuskan mengantre dan mendaftar dengan tertib untuk selanjutnya diberikan kantong GeNose C19 setelah melakukan proses pembayaran.

Hasil pemeriksaan GeNose C19 ini akan keluar dalam waktu sekitar tiga menit. Pemeriksaan dilakukan satu kali tanpa pengulangan.

“Hasil pemeriksaan yang menunjukkan negatif berlaku 3 x 24 jam sejak dikeluarkannya print-out. Sedangkan jika hasilnya positif, calon penumpang tidak diperbolehkan naik Kereta Api,” kata Joni.

Joni menyebutkan, tiket kereta dapat dibatalkan melalui loket khusus atau melalui WhatsApp KAI121 di 081-1121-11121 dan uang tiket akan dikembalikan penuh.

Petugas pemeriksa, lanjutnya, akan memberikan konsultasi, informasi, dan edukasi terkait hasil pemeriksaan dan menyarankan pelanggan tersebut untuk melakukan isolasi mandiri.

“Selanjutnya yang bersangkutan akan diarahkan oleh petugas untuk meninggalkan stasiun dan diminta melapor ke puskesmas sesuai domisili,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, PT. KAI menyediakan layanan Pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta sebagai syarat untuk naik Kereta Api Jarak Jauh mulai Jumat, 5 Februari 2021.(wiwit purwanto)

Baca juga: Mulai 5 Februari, KAI Gunakan GeNose C19 di Stasiun Untuk Screening Covid-19 Penumpang Jarak Jauh

foto/ist

Petugas KAI melakukan rapd tes GeNose C-19

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved