Cerita Traveler

Gua Soekarno, Gua Eksotis di Ujung Timur Madura yang Belum Banyak Diketahui Wisatawan

Sumenep yang terletak di ujung timur Madura memiliki beberapa wisata alam dengan pemandangan yang memesona. Salah satunya Gua Soekarno

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
ist
Gua Soekarno di Sumenep, Madura 

SURYATRAVEL, SUMENEP - Pulau Madura menyimpan banyak destinasi wisata, selain identik dengan Jembatan Suramadu dan keindahan pantai di beberapa tempat, Pulau Garam ini memiliki kebudayaan yang khas dengan adat istiadat yang masih lestari hingga saat ini.

Karapan sapi yang melegenda memiliki daya tarik dalam bidang pariwisata. Madura juga memiliki destinsi wisata yang cukup beragam dan menakjubkan.

Sumenep yang terletak di ujung timur Madura memiliki beberapa wisata alam dengan pemandangan yang memesona.

Salah satuya adalah Gua Soekarno yang lokasinya di Desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep. Gua yang terletak di lahan seluas 5.000 meter persegi itu ternyata belum banyak diketahui wisatawan.

Siti Zulaikah,Pengajar dan Pendidik Sekolah Dasar, mengujungi Gua Soekarno itu akhir Tahun 2020 lalu.

Selain baru diluncurkan satu tahun yang lalu, juga dampak pandemi yang menyebabkan gua juga ditutup untuk sementara waktu.

Gua itu menyuguhkan pemandangan stalaktit dan stalagmit yang sangat indah ditambah dengan sorotan lampu yang menawan. Sebagian sinar matahari bisa masuk dalam gua dan wisatawan pun bisa menikmatinya dengan melihat ke bagian atas gua.

“Sungguh indah sekali,” tutur Isa pengunjung dari Pamekasan akhir pekan lalu. 

Sebelum masuk ke dalam gua, pengunjung bisa menikmati udara sejuk di luar gua dengan rimbunnya pepohonan dan spot foto yang menarik. Tempat ibadah dan toilet yang bersih juga tersedia.

Hanya dengan merogoh uang di saku sebesar Rp 15 ribu per orang untuk tiket masuk, wisatawan bisa menikmati keindahan gua dengan melihat dan berfoto di dalam gua. Patung Presiden pertama RI, Soekarno juga ada di dalam gua sesuai dengan nama gua.

Kafe full music milik para pemuda dengan beberapa menu sederhana yang ada di dalam gua menambah keasyikan suasana serta untuk melepas lelah setelah mengelilingi gua.

Dika, pengunjung lainnya dari Surabaya memaparkan , Sumenep akan semakin asyik dan menarik dengan eksotisme Gua Soekarno.

Wisata alam gua ini dibuka tiap hari kecuali Jumat. Gua dibuka mulai pukul 08.00-17.00. Aturan-aturan untuk wisatawan yang berkunjung juga harus dipatuhi di antaranya adalah memelihara kebersihan dengan tidak membuang sampah dalam gua.

Pengunjung wanita harus mengenakan pakaian yang sopan untuk menghormati kearifan budaya lokal.

Akses menuju lokasi juga tidak sulit. Selain jalannya aman untuk dituju dengan kendaraan roda dua maupun roda empat juga hanya membutuhkan sekitar 50 menit dari pusat kota Sumenep.

Bisa juga sebelum sampai kantor Kecamatan Pasongsongan belok ke kiri dan mengikuti jalan itu. Jika menemui jalan berbelok ke kanan, di situlah lokasinya. Itu langsung masuk ke tempat parkir.(wiwit purwanto)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved