Mengenal Pesawat Airbus 330-900NEO yang Dipakai Maskapai Lion Air

Maskapai penerbangan Lion Air memperkenalkan armada terbarunya Airbus 330-900NEO. Seperti apa keunggulannya?

Editor: eben haezer
ist/AIRBUS
Airbus 330-900NEO milik Lion Air 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

SURYATRAVEL, SURABAYA - Pesawat terbaru generasi modern berbadan lebar (wide body) ke-5 (kelima) yang dihadirkan Lion Air, yaitu Airbus 330-900NEO registrasi PK-LEQ digadang-gadang dapat meningkatkan kinerja operasional dan memberikan kenyamanan bagi penumpangnya.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan pesawat ini memiliki keunggulan di kelasnya, utamanya dalam upaya meningkatkan kinerja operasional, karena telah dibekali perangkat modern.

Selain itu, juga punya tingkat keandalan yang tinggi, sehingga dapat menghadirkan nilai lebih bagi maskapai dan penumpang.

"Pesawat ini mampu menurunkan biaya operasi, karena didukung teknologi generasi baru A350 XWB dan hal ini dapat dilihat dari lekukan ujung sayap (sharklets), yang punya rentang hingga 64 meter," ujar Danang, Selasa (2/2/21).

Bahkan, pesawat ini juga 25% lebih efisien rasio penggunaan bahan bakar perkursinya dan juga aerodinamis.

Tak hanya itu saja, kata Danang pesawat ini juga mengusung mesin generasi terbaru, punya sistem baru teknologi kokpit WI-FI Tablet EFB-layar head-up ganda dalam pencegahan runway overrun serta common type rating (lisensi pilot yang sama).

Untuk desain tata letak lorong, A330-900NEO mengusung konsep lorong ganda (double aisle), sehingga mampu menampung hingga 436 kursi penumpang.

"Selain itu, pesawat ini juga menyediakan kenyamanan kabin paling senyap di kelasnya, karena telah dibekali fitur utama dari kabin airspace dan juga punya desain baru kompartemen bagasi kabin (overhead bin), sehingga memungkinkan lebih mudah mengatur dan menyimpan barang bawaan di kabin," tandasnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved