Lion Group Batalkan 6 Penerbangan Dari dan Ke Bandara Banyuwangi Karena Dampak Erupsi Gunung Raung

Maskapai penerbangan yang tergabung dalam Lion Group (Batik Air, Lion Air dan Wings Air) membatalkan 6 penerbangan dari dan menuju bandara Banyuwangi.

surabaya.tribunnews.com/febrianto ramadani
Ilustrasi 

SURYATRAVEL, BANYUWANGI - Maskapai penerbangan yang tergabung dalam Lion Group (Batik Air, Lion Air dan Wings Air) membatalkan 6 penerbangan dari dan menuju bandara Banyuwangi

Pembatalan disebabkan karena dampak erupsi Gunung Raung. 

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro.

"Melihat bahaya dari erupsi Gunung Raung dapat membahayakan penerbangan sekaligus keselamatan penumpang, maka pembatalan yang dilakukan kami sifatnya adalah wajib," kata Danang, Selasa (9/2/21).

Danang menjelaskan, kondisi gunung yang erupsi sangat membahayakan bagi penerbangan, pasalnya, material abu vulkanik (volcanic ash) dapat merusak struktur/ komponen pesawat udara.

Kendati demikian, kondisi terganggunya operasional yang diakibatkan dari letusan gunung sendiri termasuk kategori "Force Majeure".

Kata Danang, Force Majeure adalah keadaan yang terjadi di luar kendali atau kemampuan sumber daya manusia dan perusahaan.

Berkaca dari hal tersebut pula, lanjutnya, bagi penumpang Lion Air Group yang hari ini terkena dampak akibat erupsi Gunung Raung, diharapkan memaklumi.

Danang menambahkan, meski pihaknya berharap para penumpang yang terkena dampak erupsi Gunung Raung memaklumi adanya pembatalan penerbangan, namun disisi lain Lion Group juga tak akan tinggal diam perihal tiket yang terlanjur dipesan atau dibeli.

"Solusi yang kami berikan terkait adanya erupsi Gunung Raung ini adalah penjadwalan ulang keberangkatan (reschedule) dan melakukan pengembalian dana (refund) sesuai aturan yang berlaku," tandasnya.(fikri firmansyah)

Ikuti kami di
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved