Lumpur Lapindo, Dari Bencana Kini Jadi Tempat Wisata

Lokasi semburan lumpur Lapindo di Porong Sidoarjo, telah lama diubah jadi 'tempat wisata' meski tak resmi.

surabaya.tribunnews.com/wiwit purwanto
Tanggul penahan lumpur Lapindo di Porong, Sidoarjo, yang diubah jadi tempat wisata. 

SURYATRAVEL, SIDOARJO - Lokasi semburan lumpur Lapindo di Porong Sidoarjo, telah lama diubah jadi 'tempat wisata' meski tak resmi. 

Kawasan semburan lumpur Lapindo di Porong ini memberikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke lokasi itu.

TIdak ada data jumlah pengunjung yang datang ke kawasan wisata lumpur Lapindo, tapi Pengunjung datang silih berganti, tidak hanya dari wilayah sekitar Jawa Timur, seperti Surabaya, Malang, Pasuruan, Mojokerto, dan daerah sekitarnya, tapi juga dari daerah lain di Indonesia, juga wisatawan dari mancanegara.

Tidak terlalu sulit untuk menemukan lokasi pandang semburan lumpur. Dari pinggir Jalan Raya Porong lama akan terlihat papan tulisan Wisata lumpur.  

Dari titik pandang ini akan terlihat semburan lumpur yang berada di tengah lautan lumpur. Lautan lumpur ini sendiri adalah bekas sejumlah desa di tiga kecamatan yang lenyap di telan lumpur.

Untuk mencapai lokasi ini dari pusat KOta Sidoarjo ke arah selatan sekitar 6 kilometer.

Dari Surabaya hanya butuh 1,5 jam sampai di tujuan. Jika pakai mobil lebih cepat lagi, lewat jalan tol dan turun di gate Porong.

Di kawasan wisata ini juga ada sejumlah ojek yang akan mengantar pengunjung berkeliling melihat suasana lautan lumpur dari atas tanggul yang mengelilingi semburan lumpur.

Nah jika mau melihat semburan lumpur lebih baik pada pagi atau sore hari, pada waktu ini cuaca cukup nyaman untuk berkeliling.

Tidak ada tiket resmi di wisata lumpur ini tapi  bersiap siaplah dengan bekal uang receh, karena setiap pengunjung akan dimintai uang masuk Rp 10.000 dan parkir mobil Rp 10.000. (wiwit purwanto)

Ikuti kami di
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved