Perayaan Imlek 2021, Klenteng Gunung Kawi Sepi Pengunjung 

Situasi Klenteng Gunung Kawi pada perayaan Imlek tahun 2021 terpantau lengang. Kondisi tersebut kontras berbeda bila dibandingkan sebelum pandemi

Editor: eben haezer
suryamalang/erwin wicaksono
Situasi Klenteng Gunung Kawi pada perayaan Imlek tahun 2021 terpantau lengang. Kondisi tersebut kontras berbeda bila dibandingkan sebelum pandemi Covid-19 pada tahun 2020 silam. 

SURYATRAVEL, MALANG - Situasi Klenteng Gunung Kawi pada perayaan Imlek tahun 2021 terpantau lengang. Kondisi tersebut kontras berbeda bila dibandingkan sebelum pandemi Covid-19 pada tahun 2020 silam.

"Kunjungan ke Klenteng pada perayaan Imlek tahun ini menurun. Tahun (2020) lalu bisa sampai 1000 orang. Untuk sekarang 100 pengunjung saja sulit," ucap Juru Kunci Ciamsi, Solikin saat ditemui di Klenteng Gunung Kawi pada Jumat (12/2/2021).

Berdasarkan pantauan di lokasi, tampak hanya ada beberapa pengunjung yang sedang melaksanakan tata cara Ciamsi. 

Solikin menerangkan, Ciamsi merupakan sebuah upaya meminta petunjuk yang merupakan akulturasi budaya asal Cina. 

"Ciamsi itu berasal dari kosakata Tiongkok. Kalau istilah Jawanya Ugem yang artinya meminta petunjuk yang harus diikuti," bebernya kepada Surya.

Solikin menjelaskan, ritual Ciamsi tidak hanya dilakukan oleh etnis atau penganut kepercayaan tertentu.

"Caranya berdoa menurut keyakinan masing-masing," kata pria yang sudah menjadi Juru Kunci Ciamsi sejak puluhan tahun itu.

Menurut Solikin, petunjuk yang ingin diraih para pengunjuk meliputi rezeki, kedudukan, hingga perjodohan.

Saat ditemui, Solikin turut menerangkan tata cara ritual Ciamsi yang meliputi beberapa tahapan.

"Tata caranya mengambil bambu lalu berdoa, tapi kalau tata cara dari Cina, beli minyak dulu untuk lampu kambang. Maknanya terang rezeki, usaha, rumah tangga dan sebagainya. Kami di sini juga menyediakan dupa untuk sembahyang," jelas Solikin. (Erwin Wicaksono)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved