Syarat  Wajib Penumpang Kereta Api Jarak Jauh  Saat Libur Imlek 2021

PT KAI telah menetapkan sejumlah aturan bagi penumpang yang akan menumpang kereta api jarak jauh saat libur imlek 2021

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
tribun jatim/fikri firmansyah
Para penumpang KA di Stasiun Gubeng, Surabaya. 

SURYATRAVEL, SURABAYA - Periode libur panjang Hari Raya Imlek berlangsung Jumat-Minggu, 12-14 Februari 2021.

Namun karena masih dalam masa pandemi, sebaiknya tidak keluar rumah dulu, tapi jika terpaksa keluar rumah atau  ingin bepergian menggunakan kereta api (KA), dalam hal ini KA Jarak Jauh, terdapat syarat yang wajib dipatuhi.

Berdasarkan keterangan pers  PT KAI Daop 8, berikut syarat naik KA yang untuk jarak jauh dan menengah.

Pertama, menunjukkan surat bebas Covid-19 (RT-PCR/Rapid Antigen/GeNose C19) yang diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan

Khusus untuk penumpang berusia di bawah 5 tahun tidak wajib melakukan RT-PCR/Rapid Antigen/GeNose saat naik KA jarak jauh menengah

Aturan ini  selaras dengan Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19., berlaku sejak Selasa (9/2/2021) hingga waktu yang belum ditentukan.

Namun, syarat tersebut tidak hanya berlaku untuk perjalanan selama Imlek.  “Khusus selama libur panjang atau libur keagamaan untuk pelaku perjalanan jarak jauh darat dan menggunakan moda kereta api, kendaraan pribadi,” seperti tertera dalam SE tersebut.

Kebijakan juga berdasarkan SE Kementerian Perhubungan Nomor 20 Tahun 2021 tentang Petunjuk Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19.

Syarat lain yang wajib dipatuhi penumpang Calon penumpang yang berada dalam keadaan sehat dan tidak menderita flu, pilek, batuk, atau demam, dan memiliki suhu di bawah 37,3 derajat celcius diizinkan untuk melanjutkan perjalanan.

Namun, mereka harus memakai masker pribadi dan pelindung wajah yang disediakan oleh PT KAI. Tidak hanya itu, protokol kesehatan yang sudah diterapkan oleh PT KAI juga wajib diikuti

Selama bepergian, calon penumpang diimbau memakai pakaian lengan panjang atau jaket. Mereka juga harus rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer.

Sepanjang perjalanan, pemeriksaan kondisi kesehatan penumpang dilakukan secara berkala oleh petugas dengan memeriksa suhu tubuh penumpang.

Bagi mereka yang kedapatan bersuhu tubuh di atas 37,3 derajat celcius saat di perjalanan, mereka akan dipindahkan ke ruang isolasi sementara di atas KA. Selanjutnya, penumpang akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lebih lanjut. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved