Pantai Taman Kili-Kili Trenggalek Diusulkan Jadi Kawasan Ekosistem Esensial

Pantai Taman Kili-Kili di Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek diusulkan menjadi Kawasan Ekosistem Esensial (KEE).

Editor: eben haezer
ist/visit.trenggalekkab.go.id
Pantai Taman Kili-Kili di Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek 

SURYATRAVEL, TRENGGALEK - Pantai Taman Kili-Kili di Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek diusulkan menjadi Kawasan Ekosistem Esensial (KEE).

Untuk saat ini, usulan pengelolaan KEE pantai itu telah memasuki tahapan penyusunan dokumen kelembagaan dan pengelolaan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Joko Irianto mengatakan usulan itu untuk memberi perlindungan ekologi penyu di Pantai Taman Kili-Kili yang berada di Desa Wonocoyo.

Joko menyebut, penyiapan dokumen kelembagaan dan pengelolaan kawasan ekosistem esensial itu merupakan satu sebelum penetapan dituangkan dalam Surat Keputusan Gubernur Jatim.

“Kami sangat mendukung pengusulan Pantai Taman Kili-Kili menjadi sebuah kawasan ekosistem esensial. Ini dapat memberikan nilai lebih untuk perlindungan ekologi konservasi penyu di pantai itu,” kata Joko, Selasa (16/2/2021).

Ia berharap akan ada banyak saran dan masukan dari berbagai pihak untuk mendukung dokumen kelembagaan dan pengelolaan itu.

“Dengan masukan dan saran tersebut, diharapkan dapat mempertajam dokumen kelembagaan dan pengelolaan yang tengah disusun,” sambung Joko.

Maka dari itu, pihaknya melibatkan banyak pihak dalam langkah itu.

“Sehingga dengan KEE ini, diharapkan Pantai Taman Kili-Kili mampu memberi kontribusi bagi kelestarian sumberdaya alam, pembangunan berkelanjutan, pendidikan, dan penelitian,” ungkapnya.

Terakhir, pengusulan KEE di Trenggalek juga diharapkan akan memberi dampak positif bagi warga sekitar tempat tersebut.

“Dengan pengelolaan yang tepat dan terstruktur, KEE Pantai Taman Kili-Kili nanti dapat memberikan kesejahteraan bagi warga sekitar. (Aflahul Abidin)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved