Menikmati Sensasi Bakso Blimbing Dari Kediri yang Viral

Jika biasanya bakso ini berisi daging sapi dan ayam, sebuah warung bakso di Gurah, kabupaten Kediri menawarkan bakso yang diisi buah blimbing segar.

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/farid mukarrom
Bakso isi blimbing yang dijual di Gurah, kabupaten Kediri. 

SURYATRAVEL, KEDIRI –Menikmati sensasi segarnya buah blimbing dalam gigitan semangkok bakso adalah hal baru yang ada di Kabupaten Kediri.

Jika biasanya bakso ini berisi daging sapi dan ayam, sebuah warung bakso di Gurah, kabupaten Kediri menawarkan bakso yang diisi buah blimbing segar.

Sesuai isinya, bakso ini pun dinamai Bakso Blimbng. 

Bakso Blimbing adalah menu baru yang ditawarkan oleh Mukrim dan Istrinya, Hanik Karimatul Kasanah, warga Desa Sumbercangkring, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri.

"Alhamdulillah setiap harinya ada 50 - 100 porsi bakso blimbing yang habis," ujar Hanik Karimatul Kasanah pemilik usaha bakso blimbing.

Menurut Hanik Karimatul Kasanah, sejak viral, ada orang yang dari luar Kediri rela datang ke tempatnya hanya untuk beli bakso blimbing miliknya.

"Kadang ada rombongan dari luar kota, katanya penasaran sama bakso blimbing. Seperti dari Tulungagung, Nganjuk dan Surabaya," ungkapnya.

Masih kata Hanik, satu porsi bakso dijual mulai Rp 10 ribu.

"Bahannya seperti bakso biasa, namun saya tambahkan buah blimbing dari kebun di rumah," tutur ibu dua anak ini.

Mempunyai Usaha Petik Blimbing

Sejak awal Hanik Karimatul Kasanah dan Mukrim sudah tak asing dengan buah blimbing. Bahkan ia bersama suaminya Mukrim adalah pemilik kebun blimbing di lahan seluas 2 hektar.

Mukrim mengatakan bahwa semua usaha membuka perkebunan ini didapatkan secara autodidak. 

“Saya dulu memulai usaha ini ketika setelah SMA, karena membantu orang tua. Kemudian saya belajar menanam Blimbing dan prospeknya bagus. Sejak saat itu saya terus kembangkan usaha perkebunan ini,” ujarnya. 

Kebun blimbing milik Mukrim ini tidak berada di area wisata Kabupaten Kediri. Atau daerah penghasil Blimbing di dataran tinggi Kabupaten Kediri. 

“Cita – cita saya dulu memang ingin buat icon untuk Kabupaten Kediri, jadi sentra penghasil Blimbing. Terutama di Desa sini Sumbercangkring Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri," ungkapnya.

Menurut Mukrim, kebun seluas dua hektar miliknya ini mampu hasilkan 3 ton Blimbing.

"Saya dalam setahun ini panen selama 3 kali, biasanya kirim ke Makassar, Malang, Surabaya, Jakarta, Sumatera, Bali, NTB dan Bandung," jelasnya.

Melalui usaha ini ia mampu mempekerjakan 20 orang, tetangganya untuk rawat dan Produksi perkebunan Blimbing.

"Alhamdulillah mereka semuanya ada yang masih saudara, dan sebagian tetangga dekat sini," ucapnya.

Selain menghasilkan buah Blimbing dari perkebunan miliknya, Mukrim mencoba menawarkan paket edukasi petik blimbing. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved