Desa Pendem Punya Sungai Tematik, Dewanti Tabur Benih Ikan

Ada Sungai tematik di Pendem, kota Batu, yang digagas oleh Kesatuan Poltekad dan Warga Dusun Sekarputih yang didukung oleh Komunitas Sabers Pungli

surabaya.tribunnews.com/benni indo
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat melepas benih ikan di sungai tematik, Desa Pendem, Kota Baru, Selasa (2/3/2021). 

SURYATRAVEL, BATU - Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko bersama Wakil Wali Kota Punjul Santoso,, serta Komandan Poltekad Brigjen TNI, Nugraha Gumilar melepaskan benih ikan di sungai tematik Poltekad Sekarputih di Dusun Sekarputih, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Selasa (02/03/2021). 

Sungai tematik ini digagas oleh Kesatuan Poltekad dan Warga Dusun Sekarputih yang didukung oleh Komunitas Sabers Pungli (Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali). Program itu untuk mendukung lingkungan lebih indah sekaligus mewujudkan Desa Berdaya Kota Berjaya. 

Hal itu diungkapkan Komandan Poltekad saat memberikan sambutan dalam Cofe Morning bersama Poltekad, Pemerintah dan komponen masyarakat Kota Batu di Aula Poltekad. 

"Saya melihat potensi wisata di Kota Batu sangat luar biasa. Harapannya dengan adanya sungai tematik yang didukung oleh banyak pihak akan menjadikan kawasan ini sebagai tujuan wisata baru," katanya, Selasa (2/3/2021).

Sementara itu Dewanti menginstruksikan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pertanian agar program serupa harus bisa diterapkan diseluruh Kota Batu.

"Agar sungai menjadi lebih bersih dan membawa manfaat bagi lingkungan," katanya.

Dewanti juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak dan relawan yang telah terlibat dengan sukarela untuk menjadikan lingkungan lebih baik.

Politisi PDI Perjuangan itu juga berharap agar masyarakat sadar menjaga lingkungan dan sungai dengan menanam pohon serta menaruh sampah pada tempatnya. 

"Apa yang ditabur akan dituai, semoga Kota Batu tidak ada bencana alam lagi," pungkasnya.

Sedangkan Punjul menjelaskan, sebagai tindak lanjut, Pemkot Batu akan mengevaluasi kondisi dua bulan mendatang. Untuk sementara perawatannya dilakukan oleh pokmas yang bahu membahu bersama pemuda setempat.

“Benih ikan sudah ditabur di sana. Semoga membawa manfaat besar bagi keberlangsungan lingkungan untuk menjadikan sungai lebih bersih. Terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi semoga menjadi inspirasi bagi semua daerah,” harap Punjul.

Menurut Punjul, sungai tematik di sana sangat tepat karena masyarakat di daerah tersebut menginginkan adanya perubahan pada lingkungan alam sekitar. Khususnya sungai yang ada sehingga mampu menciptakan manfaat dari alam.

"Sebelum di Desa Pendem, sungai tematik yang sukses juga sudah ada di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji,” paparnya. (Benni Indo)


Ikuti kami di
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved