Pentol Gepek Sumenep Berbahan Dasar Ika,n Sedap Gurih dan Bikin Nagih

Sumenep kaya dengan kuliner khas. Salah satunya adalah jajan pentol gepek asal Ambunten, Sumenep.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
ist
Pentol Gepek khas Sumenep, Madura. 

SURYATRAVEL, SUMENEP - Sumenep kaya dengan kuliner khas. Salah satunya adalah jajan pentol gepek asal Ambunten, Sumenep.

Jajanan khas ini sekaligus melengkapi keanekaragaman kuliner dan kekhasan Sumenep selain kaldu kokot yang sudah menjadi menu wajib saat berkunjung ke Sumenep.

Laiknya jajanan pentol yang sudah ada, pentol gepek merupakan olahan ikan yang diberi tepung tapioka, daun bawang dan penyedap rasa, semua bahan bahan ini kemudian dibuat pentol dan direbus. .

Di Sumenep banyak sekali penjual pentol gepek ini di pinggir pinggir jalan, karena terbuat dari sari ikan laut, maka olahan jajan pentol gepek ini rasanya banyak disuka penggemar kuliner ikan.

Nama pentol gepek sendiri karena pentol itu digepek (di jepit). “Karena pentol dan tahu ini kan di jepit, jadi namanya pentol gepek,” kata seorang penjual pentol gepek.

Pentol sebelum disajikan lebih dulu di jepit dengan plat besi dan menjadikan pentol pipih setelah itu dibakar hingga kering. Baru disajikan dengan sambal khas.

Harga sangat murah pentol gepek dihargai Rp 500. Ada pentol dan tahu yang kemudian dijepit dengan alat berbahan besi.

Selain bahan ikan yang membuat gurih, lebih sedap lagi karena bumbu sambal khas pentol , sambal khas berbahan tepung dengan campuran daun bawang menjadikan pentol gepek makin sedap.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved