200 Desa Wisata Bikin Sandiaga Uno Kangen Ngawi

Dalam webinar “Mas Menteri Kangen Ngawi”, Sandiaga mengatakan Ngawi memiliki banyak potensi produk kreatif dengan kearifan lokal.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: eben haezer
ist
Srambang Park di Ngawi yang instagramable 

SURYATRAVEL, NGAWI - Potensi desa wisata di Kabupaten Ngawi menjadi perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  Sandiaga Salahuddin Uno.

Dalam webinar “Mas Menteri Kangen Ngawi”, Sandiaga mengatakan Ngawi memiliki banyak potensi produk kreatif dengan kearifan lokal.

Seperti batik, teh, dan bonggol akar jati. Cocok dipadukan dengan pengembangan ekowisata yang berkaitan erat dengan desa wisata.

Menurutnya di Indonesia wujud dari ekowisata adalah desa wisata. Ada sekitar 200 desa di Ngawi, pengembangan potensi desa wisata perlu dukungan penuh dari Bupati dan Pemerintah Kabupaten Ngawi.

Selain itu, Sandiaga menyebutkan Ngawi memiliki potensi di bidang agrowisata karena banyak industri pangan.

“Ngawi ini juga lumbung padi , Saya lihat banyak sekali industri pangan yang tumbuh di Ngawi dan bisa dijadikan agrowisata,” katanya.

Kemenparekraf saat ini tengah menggencarkan program pendampingan dan pengembangan wirausaha di desa wisata. Program ini, dapat dilaksanakan di desa-desa wisata yang ada di Ngawi, salah satunya Desa Ngubalan sebagai desa wisata industri.

“Program-program ini gratis bagi semua yang punya ilmu dan kemampuan. Selain itu kami sedang merancang pendampingan untuk 244 desa wisata dan desa-desa yang ada di Kabupaten Ngawi akan menjadi prioritas,” jelasnya.

Hal ini mendapat respons positif dari Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono. Ia berharap ada kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Ngawi dan Kemenparekraf sebagai upaya membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

“Kita tunggu kehadiran Mas Menteri dan jajaran di Kabupaten Ngawi untuk melihat langsung bagaimana kita berproses meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat pariwisata dan ekonomi kreatif,tentu terus berkolaborasi dan bersinergi dengan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Ngawi,” ungkap Ony. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved