Bus Macyto di Kota Malang Bakal Dioperasikan Lagi Tahun ini

Bus Malang City Tour (Macyto) bakal mengaspal lagi di Kota Malang tahun ini.

Editor: eben haezer
suryamalang/rifky edgar
Bus Macyto yang mangkrak dan terparkir di luar Stadion Gajayana setelah dilarang beroperasi, Jumat (5/3). 

SURYATRAVEL, MALANG - Bus Malang City Tour (Macyto) bakal mengaspal lagi di Kota Malang tahun ini.

Bus Macyto yang kini mangkrak di depan Stadion Gajayana itu, rencananya bakal dirombak agar bisa dioperasikan kembali untuk menunjang pariwisata di Kota Malang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Heru Mulyono mengatakan saat ini proses untuk pengoperasian Bus Macyto masih dalam tahap penyusunan Detail Engineering Design (DED).

Baru setelah itu, akan dianggarkan untuk Bus New Macyto dengan desain baru yang disesuaikan dengan ketentuan dari Dirjen Perhubungan Darat Republik Indonesia.

"Saat ini progresnya semua sudah jalan. Berhubung saya ini baru menjabat. Anggarannya berapa masih belum saya kroscek. Tapi anggarannya sudah ada dan masih dalam tahap penyusunan DED," ucap Heru saat dihubungi SURYAMALANG.COM, Jumat (5/3).

Sebelumnya, Bus Macyto dilarang beroperasi di Kota Malang, karena tidak memiliki izin resmi dari Dirjen Perhubungan Darat RI.

Selain itu, desain dari Bus Macyto juga tidak memenuhi standar yang ditentukan dan dianggap bisa membahayakan para wisatawan.

"Pak Wali sudah menghendaki bahwa Macyto harus di tahun ini. Nanti akan kami sesuaikan dengan ketentuan yang ada. Tapi yang pasti kami tidak ingin menghilangkan history dari Macyto yang sudah menjadi ikon dari Kota Malang," ucap pria yang baru dua minggu ini menjabat sebagai Kadishub.

Mantan Camat Klojen Kota Malang ini menginginkan, bahwa Bus New Macyto nanti harus terkoneksi dengan adanya Kayutangan Heritage yang kini sedang digagas oleh Pemerintah Kota Malang.

Pasalnya, saat beroperasi pada tahun 2019 silam, Bus Macyto memiliki rute dengan melewati kawasan Heritage di Kota Malang.

Akan tetapi, terkait dengan rute dan teknis dari Bus New Macyto sendiri, Heru bakal melakukan koordinasi lanjutan dengan Wali Kota Malang, Sutiaji.

"Keinginan saya tetap harus bernuansa Heritage. Nanti saya sampaikan ke pimpinan seperti apa. Jadi harus menyatu dengan Kayutangan, karena kemarin saya juga ngurusin di Kayutangan. Nah ini nanti harus disinergikan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Disporapar) mendukung penuh, apabila Bus Macyto bisa dioperasikan di tahun 2021 ini.

Pihaknya juga siap apabila nanti diajak berdiskusi untuk membahas teknis pengoperasian Bus Macyto di Kota Malang.

"Pastinya ini berkaitan dengan pariwisata di Kota Malang. Nanti kami akan mendukung penuh, agar pariwisata di Kota Malang kembali bangkit," tandasnya.(rifky edgar)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved