Destinasi Wisata di Trenggalek Kembali Buka, Ayo Berwisata dengan Tetap Patuhi Prokes

Destinasi wisata di Kabupaten Trenggalek kembali dibuka per 9 Maret 2021 setelah sempat tutup selama 2 bulan sejak pertengahan Januari.

surabaya.tribunnews.com/aflahul abidin
Salah satu destinasi wisata pantai di Kabupaten Trenggalek. 

SURYATRAVEL, TRENGGALEK – Destinasi wisata di Kabupaten Trenggalek kembali dibuka per 9 Maret 2021.

Pembukaan destinasi ini dilakukan setelah seluruh tempat wisata ditutup selama dua bulan sejak pertengahan Januari lalu.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Sunyoto menjelaskan, pembukaan destinasi wisata telah ditetapkan lewat Surat Edaran (SE) Bupati Trenggalek yang ditandatangani 9 Maret 2021.

“Pembukaan ini meliputi seluruh destinasi. Dengan catatan, menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” kata Sunyoto, Rabu (10/3/2021).

Salah satu protokol kesehatan yang ditekankan, yakni pembatasan jumlah wisatawan 50 persen dari kapasitas.

Dinas telah mendata seluruh tempat wisata dan memprakirakan jumlah maksimal pengunjung yang boleh masuk di waktu yang bersamaan.

Sebagai contoh, Pantai Pasih Putih Karanggongso di Kecamatan Watulimo memiliki jumlah kapasitas maksimal 4.000 orang.

Dengan aturan itu, jumlah pengunjung yang boleh masuk hanya 2.000 orang dalam waktu yang bersamaan.
Contoh lain Pantai Pelang di Kecamatan Panggul kini dibatasi jumlah pengunjungnya hanya 2.500 orang dari total kapasitas 5.000 orang.

“Kami punya tim khusus untuk mengecek ketaatan para pengelola tentang pembatasan jumlah pengunjung ini. Tim akan turun ke lokasi wisata, terutama saat akhir pekan Sabtu dan Minggu. Sebab di hari itu ada kemungkinan pengunjung akan membludak,” sambung Sunyoto.

Saat pengunjung satu tempat wisata melebihi kapasitas yang ditetapkan, petugas akan mengarahkan wisatawan yang baru datang untuk berkunjung ke destinasi lain yang berdekatan dengan lokasi wisata tujuan.

“Kalau ada yang melanggar aturan, akan kami ‘semprit’,” terangnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved