Okupansi Penumpang Pesawat di Bandara Juanda Mulai Menunjukkan Pertumbuhan

Di bandara Juanda, hingga sampai pekan kedua bulan Maret 2021, tingkat okupansi penumpang mengalami pertumbuhan. 

Editor: eben haezer
tribun jatim/fikri firmansyah
Petugas bandara Juanda memeriksa tiket calon penumpang pesawat. 

SURYATRAVEL, SURABAYA - Proses vaksinasi covid-19 menyebabkan masyarakat sudah mulai berani untuk kembali berpergian, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sektor pariwisata pun mulai berangsur pulih.

Di Jawa Timur sendiri, nadi ekonomi pariwisata mulai berdenyut di sektor penerbangan, khususnya di wilayah Bandara Internasional Juanda.

Bandara terbesar yang ada di Jatim itu melaporkan, hingga sampai pekan kedua bulan Maret 2021, tingkat okupansi penumpang mengalami pertumbuhan. 

"Benar, di wilayah kami, kondisi okupansi penumpang dari hari ke hari mulai menunjukan trafik yang baik, misalnya saja pada minggu kedua bulan ini jika dibandingkan dengan minggu pertama, telah terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 11 persen," ujar General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Kicky Salvachdie kepada TribunJatim.com, Senin (15/3/21).

Kicky menjelaskan, pada minggu pertama atau tanggal 1 hingga 7 Maret, Bandara Juanda melayani 99.248 penumpang.

Sementara di minggu kedua atau tanggal 8 hingga 14 Maret, tercatat 110.073 penumpang datang dan berangkat dari Bandara Juanda.

Dikatakan pula oleh Kicky, dari jumlah tersebut, penumpang kedatangan yang mendominasi, komposisinya sekitar 53 persen penumpang datang dan 47 persen penumpang berangkat.

Bahkan, jika dirata-rata, jumlah penumpang harian pun naik dari 14 ribu penumpang di pekan pertama menjadi 15 ribu penumpang per hari pada pekan kedua.

Ditanyai jumlah penumpang harian yang tertinggi selama periode dua pekan ini, ia mengatakan terjadi saat Kamis lalu tepat tanggal 11.

"Jumlah penumpang harian tertinggi seminggu lalu terjadi pada Kamis (11/3/21) yakni tercatat sebanyak 18.489 penumpang," tandasnya.(Fikri Firmansyah)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved